Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru dengan Perilaku Disiplin Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

  • GALLUH DILA PRATIWI

Abstract

Abstrak

Pembelajaran pendidikan, jasmani, olahraga dan kesehatan memegang peranan penting dalam perilaku disiplin siswa. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi kedisiplinan siswa dalam pembelajaran pendidikan, jasmani, olahraga dan kesehatan yang pertama faktor internal seperti minat dan emosi, yang kedua faktor eksternal yaitu sanksi dan situasi. Tujuan penelitian ini pun untuk mengetahui hubungan komunikasi interpersonal yang diterapkan guru dengan perilaku disiplin siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan pada siswa IX SMP Negeri 29 Surabaya. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IX dengan jumlah populasi 400 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 38 siswa kelas IX-A dan 30 siswa kelas IX-C dengan jumlah semua sampel 68 siswa. Metode dalam menganalisa data ini menggunakan metode statistik kuantitatif. Sedangkan proses pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket komunikasi interpersonal guru dan instrumen angket disiplin siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Hasil dalam penelitian ini yang berjudul hubungan komunikasi interpersonal guru dengan perilaku disiplin siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan terdapat hubungan sebesar 35,9% terhadap siswa kelas IX-A dan IX-C SMP Negeri 29 Surabaya. Dengan hasil perhitungan menggunakan SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) versi 25 yaitu nilai r hitung lebih besar dari nilai r tabel (0.359>0.239).

Kata kunci : Komunikasi Interpersonal Guru, Perilaku Disiplin Siswa.

Abstract

Physical education plays an important role in student’s discipline behavior. There are two factors affecting the student’s discipline behavior in physical education. First, internal factors which includes interests and emotions. Second, external factors such as consequence, and situation. The purpose of this study was to find out the relationship between teacher’s interpersonal communications and the students discipline behavior in learning physical education in ninth grader students of state junior high school 29 Surabaya. The population of this study were 400 students from ninth graders students of state junior high school 29 Surabaya. Totally, there were 68 research samples which were selected form 38 students of IX-A and 30 students of IX-C. Beside, this study used experimental quantitative research as a design. Thus, the research instruments were questionnaires about the teacher’s interpersonal communication and questionnaires which comprises the students’ discipline in learning physical education. The result of this study entitled “the relationship between teacher interpersonal communication and students discipline behavior in learning physical education” showed that there was a relationship with percentage 35, 9% towards students of IX-A and IX-C of SMP Negeri 29 Surabaya. From the calculation results using SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) version 25, it was proven that the calculated r value is greater than the r table value (0.359> 0.239).

Key words: Teacher’s Interpersonal Communication, Students’ Discipline Behavior.




Published
2019-07-26
Section
Articles
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 88