HUBUNGAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BASKET DI SMP NEGERI DI KECAMATAN PORONG

  • FAISAL RIDHO

Abstract

ABSTRAK Ekstrakurikuler merupakan program pendidikan yang ada di sekolah yang dilaksanakan di luar jam kurikulum standar. Ekstrakurikuler juga bisa dikatakan sebagai sarana bagi siswa yang ingin mengembangkan atau meningkatkan kemampuan bakat yang dimiliki, sehingga siswa bebas memilih ekstrakurikuler apapun yang diminati yang telah disediakan atau dilaksanakan oleh pihak sekolah, salah satunya dengan mengikuti ekstrakurikuler basket. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan dukungan orang tua terhadap minat siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler basket di SMP Negeri di Kecamatan Porong. 2) untuk mengetahui seberapa besar bentuk hubungan dukungan orang tua terhadap minat siswa dalam mengikuti estrakurikuler basket di SMP Negeri di Kecamatan Porong. Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimen dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler basket di SMP Negeri di Kecamatan Porong, terdiri dari SMP Negeri 1 Porong, SMP Negeri 2 Porong dan SMP Negeri 3 Porong, yang berjumlah 52 siswa. Instrumen yang digunakan adalah 2 macam angket yaitu angket dukungan orang tua dan angket minat siswa mengikuti ekstrakurikuler basket yang sudah teruji validitas dan reliabelitasnya dengan menggunakan IBM SPSS Statistic 20. Teknik analisa deskriptif korelatif, dianalisis dengan mencari nilai mean, dan korelasi dengan menggunakan Product moment. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan yaitu tidak ada hubungan dukungan orang tua terhadap minat siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler basket di SMP Negeri di Kecamatan Porong. Hal ini terbukti berdasarkan perhitungan nilai rhitung 0,084 < rtabel 0,266 dengan sig 0,551 > a 0,05 sehingga hal ini menunjukan Ho diterima dan Ha ditolak. Serta besar tingkat hubungannya 0,084 atau 8,4% mengacu pada interpretasi skor berada kategori “sangat rendah”.
Kata Kunci: Dukungan Orang Tua, Minat Siswa, Ekstrakurikuler Basket.
ABSTRACT Extracurricular is an educational program in school which carried out outside the standard curriculum hours. Extracurricular can also be said as a tool for students who want to develop or enhance their talents, so that students are free to choose every extracurricular that they interest to that have been provided by the school, one of them is to take a part in basketball extracurricular.The purpose of this study are (1) to determine whether there is a relationship between parents support to students interest in participating basketball extracurricular activities in junior high school in Porong Sub-District and (2) to determine how much the parents support for students interest in participating the basketball extracurricular activities in junior high school in Porong Sub-District. This research is a non-experimental study with a correlational approach. The population in this study are students who took part in basketball extracurricular activities in Junior High School in Porong Sub-District. There are 52 students from 1st Porong Junior High School, 2nd Porong Junior High School and 3rd Porong Junior High School. The instruments were 2 kinds of questionnaires namely parental support questionnaires and student interest questionnaires which had been tested for validity and reliability by using IBM SPSS Statistics 20. Correlative descriptive analysis techniques were applied by searching for mean values and product moment correlation.The results, there was no relationship between parents support to students interest in participating in basketball extracurricular activities in Junior High School in Porong District. This is proven by the calculation of the value of r count 0.084 <r table 0.266 with sig 0.551> a 0.05. It indicates that Ho is accepted and Ha is rejected. As well as the level of relationship 0.084 or 8.4% refers to the interpretation of the score in the category of "very low".
Keywords: Parental Support, Student Interest, Extracurricular of Basket ball.










Published
2019-07-26
Section
Articles
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 271