Penerapan Permainan Kecil Terhadap Hasil Belajar Passing Dalam Permainan Sepak Bola Di SMP Negeri 2 Buduran Sidoarjo

  • Fandi Ahmad

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani merupakan proses untuk mempengaruhi peserta didik supaya mampu menyesuaikan diri sebaik mungkin dengan lingkungan dan menimbulkan perubahan dalam kehidupan masyarakat. Permainan kecil adalah suatu media dalam pembelajaran PJOK yang mempunyai berbagai nilai sikap. Permainan kecil juga merupakan model pembelajaran yang belum pernah diajarkan di SMPN 2 Buduran Sidoarjo ketika materi sepak bola. Adapun hasil belajar siswa pada saat melakukan passing sepak bola masih banyak sekali nilai yang di bawah KKM, hal ini bisa diakibatkan siswa mengalami kebosanan untuk melaksanakan pembelajaran maupun siswa kurang bersungguh-sungguh dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh permainan kecil terhadap hasil belajar passing dalam permainan sepak bola di SMPN 2 Buduran Sidoarjo. Penelitian ini berjenis penelitian eksperimen murni dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain randomized control group pre-test - post-test design. Sampel dalam penelitian ini adalah untuk kelompok eksperimen 36 siswa dan kelompok kontrol 30 siswa di SMP Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Dengan pengambilan data berupa tes pengetahuan dan tes keterampilan passing dalam permainan sepak bola. Berdasarkan hasil analisis Statistical Package For Social Science (SPSS) 25. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan permainan kecil terhadap hasil belajar passing dalam permainan sepak bola, dibuktikan dengan thitung 4.78 > dari ttabel 1.690. Sedangkan besar pengaruh dalam penelitian ini yaitu 10.18 %.

Kata Kunci : Hasil belajar, Sepakbola, Passing.

Abstract

Physical education prepares students to have a good motoric ability which may beneficial in the environment and society. However, there are many students could not perform passing in soccer well. Small side games offer several basic movements which can support student in the soccer passing learning. Furthermore, it could attract student motivation in soccer passing learning. The purpose of this study was to determine the magnitude of the influence of small games on the results of soccer passing at junior high school 2 Buduran, Sidoarjo. This study used pure experimental research with a quantitative approach and a randomized control group design pre-test - post-test design. The sample in this research were 36 students for experimental group and 30 students for control group. The data were collected by he form of knowledge tests and passing skills tests in soccer games. Based on the results of Statistical Package For Social Science (SPSS) analysis 25, it can be concluded that there is a significant effect of the application of small games on the results of learning passing in soccer games. The increasement of passing skill up to 10.18 %.

Keywords: Learning Outcomes, Football, Passing.





Published
2019-07-29
Section
Articles
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 102