Pengaruh Penerapan Modifikasi Permainan Softball Terhadap Motivasi Belajar Siswa Inklusi

  • MUHAMMAD RIFAI ABDZAR GHIFARI

Abstract

Abstrak

Secara umum, pendidikan berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Salah satu dari mata pelajaran tersebut adalah pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Dalam aktivitas pembelajaran diperlukan interaksi antara peserta didik dan pendidik sehingga pembelajaran lebih aktif. Agar pembelajaran dapat berjalan dengan aktif dan tidak membosankan diperlukan pelaksanaan inovasi baru yang diberikan oleh guru agar siswa dapat meningkatkan motivasi belajar untuk mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Salah satunya dengan penerapan modifikasi permainan softball yang disesuaikan dengan kurikulum di satuan pendidikan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah. Mengetahui pengaruh modifikasi permainan softball terhadap motivasi belajar siswa inklusi dalam pembelajaran PJOK pada kelas VII SMP Negeri 29 Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu, dengan pendekatan kuantitatif, dan desain one group pre-test post-test design. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik analisis melalui angket motivasi. Sasaran penelitian ini adalah siswa inklusi kelas VII SMP Negeri 29 Surabaya dan jumlah sampel yang diambil yaitu 19 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan dianalisis menggunakan SPSS (Statistic Product and Service Solution) versi 25 membuktikan bahwa hasil dari hipotesis tidak adanya pengaruh yang signifikan dengan taraf 0,191 > 0,05 diperkuat dengan nilai Thitung 1,359

Kata kunci: Modifikasi Permainan, Motivasi Belajar Siswa Inklusi

Abstract

Education has an important role to develop the students’ ability and character. Physical education is one of education components which aims to achive the education goals. In the learning section, the interaction among of teacher and student is important to be conciderate. Furthermore, the innovation is necessary to be developed by the teacher. In softball game, the innovation need to be adjusted along curriculum in education unit. The purpose of this research is detecting the influence of innovation in softball game toward student motivation of inklusive students at State Junior High School 29 Surabaya. This research method was quasi experiment by quantitative approach and one group pre-test post-test design. The data were collected by using motivation questionnare. There were 19 students involved in this study. Based on the result of this research, there is no significant effect on softball game modification toward student motivation. It is proven by the significant score is 0.191 or larger than 0.05 And T score is 1.359.

Keywords: Game Modification, Learning Motivation of Inclusion Student






Published
2019-07-29
Section
Articles
Abstract Views: 73
PDF Downloads: 168