PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJARPASSING BAWAH BOLAVOLI
Abstract
Abstrak
Pendidikan jasmani merupakan usaha untuk meningkatkan keterampilan melalui aktivitas jasmani dan membentuk kepribadian sosial yang berintelektual, mempunyai peranan penting bagi siswa sebagai proses pembinaan. Pada proses pembelajaran guru harus mempunyai kreatifitas dalam mengajar seperti menggunakan model pengarahan yang bervariasi. Contoh diberikan bentuk model kooperatif tipe NHT dan terdapat permainan di dalam setiap materi agar mempunyai rasa senang, aktif sehingga siswa tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan pengamatan, di SMP Negeri 2 Menganti Gresik banyak siswa mempunyai sifat individualis dalam belajar dan kurangnya guru dalam menguasai model pembelajaran serta kurangnya pengawasan. Berdasarkan Penelitian yang sudah dilaksanakan bahwa peneliti meneliti untuk mengetahui adanya pengaruh dan seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Menganti Gresik. Pembelajaran ini mengenalkan dan menerapkan bentuk kerjasama, bertanggung jawab, menelaah materi dan mempengaruhi pola interaksi siswa. Bedasarkan hasil perhitungan analisis statistic menggunakan SPSS product and service solution version 21 membuktikan bahwa hasil dari hipotesis terdapat pengaruh yang signifikan diperkuat dari perhitungan manual 4.27 lebih besar 1.706 maka ditolak dan diterima dan terdapat peningkatan sebesar 74.46 %.
Kata kunci: Kooperatif, NHT, passing bawah, bolavoli.
Abstract
Physical education is an effort to improve skills through physical activity and create intellectual social personality. It plays an important role for students as a coaching process. In the learning process, teachers must have creativity in teaching such as using a varied briefing model. For examples is cooperative model of NHT type. It involves games in each material to have a sense of delight. Furthermore, students are interested in following the learning actively. Based on observations in Junior High School 2 Menganti Gresik, many students could not participate in the learning activity and the teachers have limited learning resource. This research aims to investigate the influence of the Cooperative learning model type Numbered Heads Together (NHT) implementation on the results of under hand passing volley ball learning result on Grade VII Students, Junior High School 2 Menganti Gresik. Furthermore, There are several values which were observed in this study. Based on the results of statistic analysis using SPSS 21, there is a significant value of T count (4.27). It is larger than T table (1,706). It can be concluded that H0 rejected and Ha received. Furthermore, the implementation of Cooperative learning model type Numbered Heads Together (NHT) contributes the under hand passing volley ball learning result up to 74.46%.
Keywords: Cooperative, NHT, forehand, volleyball.