PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN KECIL TERHADAP KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN DAN OLAHRAGA
Abstract
Abstrak
Permainan kecil merupakan salah satu media dalam pembelajaran Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (PJOK), dalam permainan kecil terdapat nilai sikap kerjasama. Kerjasama merupakan sikap yang dibutuhkan dalam berbagai materi dalam pembelajaran PJOK, dengan bekerjasama siswa siswa akan belajar menyelesaikan masalah secara bersama-sama, rasa toleransi, pertemanan, dan kekeluargaan siswa juga akan bertambah, dengan tumbuhnya kerjasama maka diharapkan dapat menekan berbagai sikap negatif. PJOK merupakan pembelajaran berbasis gerak yang berarti siswa belajar berbagai pengetahuan, keterampilan gerak dan pembentukan karakter melalui berbagai aktivitas fisik dan olahraga. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara, dalam pembelajaran PJOK siswa kelas X MIPA 6 SMAN 1 Taman merupakan siswa yang pandai dan aktif, tetapi kurang dalam bekerjasama. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan permainan kecil terhadap kerjasama siswa dalam pembelajaran PJOK pada siswa kelas X MIPA 6 SMAN 1 Taman. Jika ada, seberapa besar pengaruh penerapan permainan kecil terhadap kerjasama siswa dalam pembelajaran PJOK pada siswa kelas X MIPA 6 SMAN 1 Taman Sidoarjo. Berdasarkan hasil analisis data dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan permainan kecil terhadap kerjasama siswa pada pembelajaran PJOK siswa kelas X MIPA 6 SMAN 1 Taman Sidoarjo, dibuktikan dengan nilai Thitung 10,19 lebih besar dari Ttabel 1,6905 dengan persentase pengaruh sebesar 10,23%.
Kata Kunci: Permainan Kecil, Kerjasama Siswa.
AbstractSmall games are one of the media in the learning of physical education (PE). There is a value of cooperation and attitude in small games. Cooperation is a necessary attitude in various materials in PE learning. It could be reflected by working together, solve problems, a sense of tolerance, friendship, and togetherness. PE is a motion-based learning. It means students learn a variety of knowledge, motion skills and character building through various physical activities and sports. Based on the results of observation and interviews, in PE learning of grade X students MIPA 6 State Senior High School 1 Taman are good and active student, but lack of cooperation. This research was conducted to find out if there is any influence on the application of small game to students cooperation in PE learning. Furthermore, Based on the results of the data analysis, it can be concluded that there is influence of the application of small games to students cooperation. The evidence is the significant value of Tcount is 10.19 or greater than Ttable 1.6905 with a percentage influence is 10.23%..
Keywords: Small Games, Student Cooperation.