Pengaruh Permainan Kecil terhadap Partisipasi Aktif Siswa Dalam Pembelajaran PJOK Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sidoarjo

  • KRISTIANTO

Abstract

Abstrak

Secara umum, pendidikan berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa , berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Salah satu dari mata pelajaran tersebut adalah pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Dalam aktivitas pembelajaran diperlukan interaksi antara peserta didik dan pendidik sehingga pembelajaran lebih aktif. Agar pembelajaran dapat berjalan dengan aktif dan tidak membosankan diperlukan pelaksanaan inovasi baru yang diberikan oleh guru agar siswa berpartisipasi aktif untuk mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan semakin meningkat. Salah satunya dengan penerapan permainan kecil yang disesuaikan dengan kurikulum di satuan pendidikan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui pengaruh permainan kecil terhadap partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran PJOK pada kelas VIII SMPN 2 Sidoarjo. 2) Mengetahui besarnya pengaruh permainan kecil terhadap partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran PJOK pada kelas VIII SMPN 2 Sidoarjo. Metode penelitian ini menggunakan jenis eksperimen semu, dengan pendekatan kuantitatif, dan desain one group pre-test post-test design. data dikumpulkan dengan menggunakan analisis video melalui instrumen Analisa Proporsi Fokus (APF). Pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sidoarjo dan jumlah sampel yang diambil yaitu 33 siswa.. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan ada pengaruh permainan kecil terhadap partisipasi aktif dalam pembelajaran PJOK pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Sidoarjo yang dapat dibuktikan dengan Nilai Zhitung 1,96 > Ztabel 0,153 dengan persentase sebesar 5,168 %.

Kata Kunci: Permainan Kecil, Partisipasi Aktif Siswa.

Abstract

Education aims to build and develop the character and intellectual life of a nation. Particularly, developing students’ skill that believe in God, have a good character, healthy, knowledgeable, capable, creative, independent, democratic and become a responsible citizen. One of the subject is physical education. To achieve an active and fun teaching-learning activity, the interaction between teacher and students is necessarily needed. Therefore, teacher must provide a new teaching method or innovation to make the students actively involved in physical education. One the method is small game, where the application must be adjusted based on the curriculum regulation. This study aimed to: (1) Understand the influence of small game application toward student’s active participation in process physicall education and sport in Eighth Grade of Junior High School 2 Sidoarjo. (2) Understand the significant influence of small game application toward student’s active participation in physicall education session in Eighth Grade of Junior High School 2 Sidoarjo. This study used a quasi-experimental method, with quantitative design and apply One Group Pretest-Posttest Design to thirty three selected students in Eighth Grade of Junior High School 2 Sidoarjo. The data was collected by using technique Analysis Proportion Focus (APF) video instrument. Based on the data analysis, there was significant effect towards the active participation of eight graders of Junior High School 2 Sidoarjo which can be proven by Z-score 1,96 > Z-table 0,153 with 5.168% improvement.

Keywords: Small Game, Students Active Participation.








Published
2019-07-30
Section
Articles
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 150