Hubungan Antara Kedisiplinan Dengan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 4 Sidoarjo Dalam Pembelajaran PJOK

  • WINDA PRAMESWARA

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan mata pelajaran yang unik, karena di dalamnya siswa diajarkan beberapa hal mulai dari kognitif, afektif dan psikomotor. Mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan menghasilkan hasil belajar dari apa yang telah diberikan kepada siswanya oleh guru. Setelah melalui proses belajar diharapkan siswa memiliki hasil belajar yang tinggi. Kegiatan belajar mengajar di sekolah disiplin merupakan syarat utama dalam mencapai keberhasilan dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah terdapat hubungan antara kedisiplinan dengan hasil belajar siswa SMAN 4 Sidoarjo dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan angket kedisiplinan dan hasil belajar siswa. Dari hasil belajar siswa diambil dari pengetahuan dan keterampilan. Untuk mengetahui nilai ranah pengetahuan dari nilai ulangan tengah semester dan ranah keterampilan dari nilai keterampilan bola voli dan lompat jauh. Hasil pengujian dari hipotesis menunjukkan bahwa rhitung (-0,034) dan rtabel (0,329) dengan taraf signifikan 0,05 yang bermakna bahwa nilai rhitung lebih kecil dari pada rtabel. Hasil tersebut disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara kedisiplinan dengan hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 4 Sidoarjo dalam pembelajaran pendidikan, jasmani, olahraga, dan kesehatan.

Kata kunci : Kedisiplinan, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Physical education is a unique subject, because students are taught several things such as cognitive, affective and psychomotor. Physical education learning outcomes are designed by the teachers. Moreover, after going through the learning process students are expected to have high learning outcomes. Teaching and learning activities in disciplined schools are the main condition in achieving success in learning. The purpose of this study is to prove whether there is a relationship between discipline and students learning outcomes in physical education at State Senior High School 4 Sidoarjo. This is a correlational research with a quantitative descriptive approach. In the data collection methods, researchers used a disciplinary questionnaire and student learning outcomes i.e. knowledge and skills. Particularly, the knowledge and skill in the volleyball skills and long jump. The hypothesis testing result indicates that r counts is -0,034 and r table is 0,329. It means that the value of r count is smaller than the r table. These results concluded that there was no relationship between discipline and students learning outcomes in physical education at State Senior High School 4 Sidoarjo.

Key words : Discipline, Learning Outcomes Students






Published
2019-07-30
Section
Articles
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 148