PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SERVIS ATAS BOLAVOLI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 22 SURABAYA
Abstract
Abstrak
Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) memiliki kelebihan menekankan proses keterlibatan peserta didik secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkan dengan situasi kehidupan nyata. Pembelajaran PJOK memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan kepercayaan diri, keterampilan untuk melakukan aktivitas fisik dan keterampilan sosial nyang dapat diaplikasikan terhadap sesama dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dan besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar servis atas bolavoli pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 22 Surabaya. Hasil yang diperoleh dalam penelitian adalah sebagai berikut: 1) Ada peningkatan hasil belajar servis atas bolavoli sebesar 15,86% dalam ranah pengetahuan dan 24,47% dalam ranah keterampilan; 2) Terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dibuktikan dengan hasil uji beda Indipendent T-test nilai signifikan ranah pengetahuan 0,002 ? 0,05 dan ranah keterampilan 0,001 ? 0,05. Disimpulkan bahwa ada pengaruh pada penerapan model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar servis atas bolavoli pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 22 Surabaya, hal ini dibuktikan dari hasil penjabaran statistik bahwa nilai pengetahahuan thitung -7,666? ttabel 1,697 dengan Sig = 0,000 ? ? = 0,05 yang berarti menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dan nilai keterampilan thitung -7,097? ttabel 1,697 dengan Sig = 0,000 ? ? = 0,05 yang berarti menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.
Kata Kunci: pembelajaran kontekstual, servis atas bolavoli.
Abstract
Contextual Teaching and Learning (CTL) model has the advantage of emphasizing the full process of students involvement to be able in finding material that is learned and connects with real life situations. Physical education provides opportunities for students to develop self-confidence, skills of physical activity and social skill life that can be applied to others in daily life. The aim to be achieved in this study was to find out whether there was an influence and how much the application of the CTL learning model influenced the learning results of overhead service on volleyball on XI grade students of Senior High School 22 Surabaya. The results obtained during the study took place as follows: 1) There was an increase in learning outcomes for volleyball at 15.86% in the knowledge domain and 24.47% in the skills domain; 2) There is a significant difference from the learning outcomes between the experimental class and the control class, it was proved by the results of the independent difference test. The T-test significant value of the knowledge domain is 0.002 ? 0.05 and the skill domain is 0.001 ? 0.05. It was concluded that there was an influence on the application of the CTL learning model to the learning outcomes of overhead service on volleyball on XI grade students of Senior High School 22 Surabaya, this has been proven from the results of statistical analysis that the value of knowledge was tcount -7.666? ttable 1.697 with Sig = 0,000 ? ? = 0, 05 which means that Ho is rejected and Ha is accepted. And the value of the skills of tcount -7,097? ttable 1,697 with Sig = 0,000 ? ? = 0.05 which means that Ho is rejected and Ha is accepted.
Keywords: contextual teaching and learning, overhead service of volleyball.