PENGARUH MODEL GAYA BELAJAR VAK (Visual, Auditory, Kinestetic) TERHADAP KETERAMPILAN SHOOTING BOLA BASKET DI KELAS XI SMA AL IRSYAD SURABAYA

  • RANGGA MANDALA PUTRA
  • SUDARSO

Abstract

Abstrak

Tujuan pada penelitian ini yaitu mendeskripsikan pengaruh model gaya belajar VAK (Visual, Auditory, Kinestetic) terhadap shooting bola basket dan seberapa besar peningkatannya pada siswa Kelas XI SMA Al Irsyad Surabaya. Sampel yang digunakan merupakan 2 rombel kelas, masing-masing setiap kelas berjumlah 24 siswa. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 48 siswa. Sampel dipilih menggunakan teknik pengambilan cluster random sampling. Teknik ini memberi kesempatan yang sama bagi semua rombel agar terpilih menjadi sampel penelitian. Hasil penelitian terdapat dua cara untuk melihat adanya pangaruh, pertama membandingkan thitung dengan ttabel dengan ketentuan jika thitung bernilai positif (thitung > ttabel ) maka ada pengaruh. Begitu sebaliknya, jika thitung bernilai negatif (thitung < ttabel) maka tidak ada pengaruh. Dari hasil perhitungan diketahui bahwa thitung sebesar 11,100 yang berarti thitung > ttabel pada atau 11,100 > 1,714 pada taraf signifikan 5%, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat yang signifikan model gaya belajar VAK terhadap shooting bola basket pada siswa kelas XI SMA Al Irsyad Surabaya. Setelah mengetahui hasil pengaruh model pembelajaran VAK terhadap belajar shooting bola basket, maka selanjutnya peneliti mengetahui data peningkatan hasil penelitian dari keterampilan awal pretest shooting bola basket sampai posttest terdapat peningkatan sebesar 2%.

Kata Kunci : Model gaya belajar (VAK), Shooting bola basket

Abstract

The purpose of this study are describing the effect of the learning style model VAK (Visual, Auditory, Kinestetic) on ball shooting basketball and knowing how much increased in Class XI Al Irsyad High School Surabaya. The samples were 48 students from 2 classes. The sample was chosen by using cluster random sampling technique. This technique provides the same opportunity for all groups to be selected as research samples. The results there are two ways to see the effect, first is comparing tcount with ttable in the provision if tcount is positive, then there is an effect if tcount> ttable so vice versa if tcount is negative then there is no effect if tcount <ttable. It is known that tcount is 11,100 which means tcount> ttable at or 11,100> 1,714 at a significant level of 5%. It can be concluded that there is a significant VAK learning style model on basketball shooting in class XI Al Irsyad High School Surabaya. Furthermore, researchers found out that the increased data from research results from the initial skills of basketball shooting to posttest which had an increasement 2%.

Keywords: Learning style model (VAK), Shooting basketball


Published
2019-07-31
Section
Articles
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 118