PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR SHOOTING BOLA BASKET SISWA SMA NEGERI 1 JOMBANG

  • TJE RAMADHIA TECTONA
  • ABDUL RACHMAN SYAM TUASIKAL

Abstract

Abstrak

Reward dapat diartikan sebuah penguatan (reinforcement) terhadap peserta didik. Reinforcement (penguatan) merupakan penggunaan konsekuensi untuk memperkuat perilaku. Artinya, bahwa sebuah perilaku yang dilakukan oleh peserta didik dan di anggap sesuai kemudian diikuti dengan penguatan (reinforcement), maka hal tersebut akan meningkatkan peluang bahwa perilaku tersebut akan diulang oleh peserta didik. Dalam penelitian ini reward akan diberikan kepada peserta didik yang mampu melakukan aktivitas shooting pada permainan bola basket. Penelitian ini berupaya mengetahui (1) apakah ada pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar shooting bola basket pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jombang (2) seberapa besar pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar shooting bola basket pada siswa kelas XI. Adapun jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah 2 kelas dari masing-masing kelas XI IPA Dan IPS secara random yang mewakili seluruh kelas XI di SMAN 1 Jombang. Jumlah siswa yang akan menjadi sampel sebanyak 67 orang.Berdasarkan hasil analisa statistik dari peningkatan keterampilan aktivitas shooting pada peserta didik melalui tes Shooting Circle dan Shooting Free Throw, dapat dibuktikan dengan rata-rata pretest 2,33% dan pada saat posttest menjadi 3,63% dengan hasil peningkatan 0,21%. Pada rata-rata nilai peserta didik dengan nilai tes maksimum 94. Dengan demikian melalui pemberian reward terhadap peserta didik mampu untuk meningkatkan hasil belajar shooting bola basket.

Kata Kunci: reward, shooting bola basket, hasil belajar

Abstract

Reward can be interpreted as a reinforcement (reinforcement) of students. Reinforcement is the use of consequences to strengthen behavior. That is, that a behavior carried out by students and deemed appropriate and then followed by reinforcement (reinforcement), then it will increase the chances that the behavior will be repeated by students. In this study rewards will be given to students who are able to do shooting activities in the basketball game. This study seeks to determine (1) whether there is an effect of giving rewards to learning outcomes of shooting basketball in class XI students of SMA Negeri 1 Jombang (2) how big is the effect of giving rewards to learning outcomes of shooting basketball in class XI students. The type of research conducted is experimental research with a quantitative approach. The sample in this study were 2 classes from each class XI Natural Science and Social Sciences randomly representing all class XI in SMAN 1 Jombang. The number of students who will be sampled as many as 67 people. Based on the results of statistical analysis of increased shooting activity skills in students through the Shooting Circle and Shooting Free Throw tests, it can be proven with an average pretest of 2.33% and at the posttest to 3.63 % with an increase of 0.21%. On average students score with a maximum test score of 94. Thus through giving rewards to students able to improve learning outcomes in basketball shooting.

Keywords: reward, shooting basketball, learning outcomes


Published
2019-08-09
Section
Articles
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 32