PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING DAN CONTROL KAKI DALAM SEPAK BOLA

  • NANDA RAHMADHANI

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi adalah sebuah pendidikan di Indonesia yang berhubungan dengan aktivitas gerak manusia. Dalam Pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi terdapat berbagai cabang olahraga yang di jadikan sebagai materi pengajaran seorang pendidik, salah satunya yaitu cabang olahraga sepak bola. Sepak bola terdiri dari beberapa teknik dasar yang dapat digunakan sebagai bahan pengajaran diantaranya materi passing dan control merupakan teknik paling dasar yang harusnya dikuasai oleh peserta didik. Pembelajaran Pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi memiliki tujuan pencapaian belajar untuk peserta didik. Dalam upaya tersebut bisa dilakukan melalui berbagai macam pendekatan untuk mencapai tujuan belajar diantaranya penggunaan metode pengajaran kooperatif tipe jigsaw. Dalam penerapan model pengajaran harus memperhatikan karakteristik peserta didik terlebih dahulu yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini mengetahui seberapa besar pengaruh metode pengajaran kooperatif tipe jigsaw pada hasil belajar passing dan control sepak bola terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 9 Kota Mojokerto. Dalam penelitian ini terdapat 2 kelas yang di jadikan sebagai sampel, yakni kelas VII A dan kelas VII B. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kuantitatif. Pada penelitian ini dilaksanakan selama 4 minggu yang menghasilkan 2 penilaian, antara lain penilaian awal dan penilaian setelah dikasih perlakuan pengetahuan serta keterampilan passing dan control sepak bola kaki bagian dalam cabang olahraga sepakbola yang dijadikan data penilaian. Perhitungan data menggunakan program SPSS versi 16.0. Berdasarkan penerapan metode pengajaran kooperatif tipe jigsaw pada hasil belajar teknik dasar passing dan control kaki dalam sepakbola terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 9 Kota Mojokerto dibuktikan dengan perhitungan persentase peningkatan pengetahuan passing sebesar 50,26% , pengetahuan control sebesar 25,27%. Adapun hasil perhitungan persentase peningkatan pada rana keterampilan passing sebesar 18,09% , dan pada rana keterampilan control juga terdapat peningkatan sebesar 28,02%.

Kata kunci: model jigsaw, kooperatif, passing dan control pada sepak bola, hasil belajar.

Abstract

Physical education is one of the education in Indonesia that is related to human movement activities. Physical education has various sports that can be used as teaching material for educators, one of them is soccer. Soccer consist of several basic techniques that can be used as teaching material such us passing and control material. They are the basic techniques that should be mastered by students. Physical education (PE) has learning achievement and goals for the student. It can be done through various approaches, such as the “jigsaw cooperative learning model”. In the application of the learning model, the teacher must pay attention to the characteristic of the student in advance to increase student’s learning result. This research aims to determine the influence of the jigsaw cooperative learning model on the learning result of passing and control in soccer for seventh grade students of Junior High School 9 Mojokerto. This research used 2 classes that were made as samples such us seventh A and B class. This research used a quantitative descriptive method. This research took four weeks which resulted in 2 assessments such us pre-test and post-test after getting knowledge treatment as well as passing and control skill in soccer as the data. The calculation data used SPSS 16.0 version program. Based on the data, the application of the jigsaw cooperative learning model toward the learning result of basic passing and control techniques in soccer at seventh grader students of Junior High School 9 Mojokerto was proved by the increasing knowledge score of passing 50,26% and control 25,27%. Furthermore, the skill of passing also increased 18,09% and control skill 28,02%.

Key words: jigsaw model, cooperative jigsaw, passing and control in soccer, student learning result.






Published
2019-08-09
Section
Articles
Abstract Views: 78
PDF Downloads: 50