PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN SEPAK BOLA TERHADAP MINAT SISWA PUTRI PADA PEMBELAJARAN SEPAK BOLA (STUDI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MOJOKERTO)

  • YUDA EKA PRASETYA
  • BAMBANG FERIANTO TJAHYO KUNTJORO

Abstract

Abstrak

Dalam suatu proses pembelajaran pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi terdapat materi sepak bola yang diajarkan kepada siswa di sekolah, saat pembelajaran terlihat siswa putra mendominasi suatu proses pembelajaran yang harusnya siswa putra dan putri sama-sama aktif dan fokus pada materi. Materi yang diajarkan yaitu sepak bola secara umum, sehingga siswa putri kurang tertarik dan terlihat kesulitan untuk belajar materi sepak bola. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modifikasi sepak bola terhadap minat siswa putri pada pembelajaran sepak bola. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dan menggunakan randomized control pretest-posttest design. Populasi yang dipakai adalah siswa putri kelas VII di SMP Negeri 1 Mojokerto yang terdiri dari 146 siswa putri. Sampel yang dipakai adalah siswa putri kelas VII-I sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol, yang masing-masing terdiri dari 18 siswa putri yang mana penentuan sampel dengan cara cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket minat siswa yang mana nanti akan diisi oleh siswa, angket ini terdisi dari 37 pernyataan. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan mendapatkan hasil rata-rata pretest sebesar 138,44 dan rata-rata posttest sebesar 150,11. Berdasarkan hasil data penelitian penerapan modifikasi permainan sepak bola terhadap minat siswa putri pada pembelajaran sepak bola studi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mojokerto terdapat peningkatan minat belajar sebesar 8,43%.

Kata Kunci: modifikasi, sepak bola, minat siswa

Abstract

In physical education teaching and learning, football is one of the learning material that is taught by the teacher. During the teaching-learning process, male students look more dominating than female students in which both of them should be active and focus during the lesson. The learning material used by the teacher is a general material that makes female students are not interested and hardly understands the topic. The purpose of this study is to know the effect of football modification on female students interest during the process of teaching-learning football. This study is a quasi-experimental study that uses a randomized control pretest-posttest design. The population of this study is the female students of first graders in junior high school 1 Mojokerto. There are 146 female students of first graders. The sample that is used in this study is female students in VII-I and VII-C. The samples are chosen by using cluster random sampling. Each class consists of 18 female students. VII-I is chosen as the experimental group while VII-C is chosen as the control group. The instrument of this study is a questionnaire that is used to know the students interest. The questionnaire consists of 37 questions. From the results of research that has been done to get the average pretest results of 138.44 and an average posttest of 150.11. Based on the results, there is an improvement in female students interest in the amount of 8,43% after the implementation of football modification in Junior High School 1 Mojokerto.

Keywords: modification, soccer, student interest

Published
2019-08-13
Section
Articles
Abstract Views: 74
PDF Downloads: 763