PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN BOLA VOLI TERHADAP KEGEMBIRAAN BELAJAR SISWA

  • ACHMAD SHOWAB

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil modifikasi permainan bolavoli terhadap kegembiraan belajar siswa pada pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain One Group Pretest-Postest Design. Penelitian dilakukan di SD Negeri Pagesangan dengan siswa kelas V sebagai subjeknya. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa modifikasi permainan bolavoli dapat meningkatkan kegembiraan belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sebesar 67,63%. Peningkatan kegembiraan belajar siswa ditunjukkan dari hasil uji-t sampel sejenis yakni didapatkan nilai signifikansi (2-tailed) adalah sebesar 0,000<0,05, sehingga data disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil pre-test dan post-test yang artinya ada pengaruh dari modifikasi permainan bolavoli. Berdasarkan hasil-hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa modifikasi permainan bolavoli dapat meningkatkan kegembiraan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan rekreasi.

Kata kunci: Modifikasi, Permainan Bolavoli, dan Kegembiraan belajar.

Abstract

This study aims to describe the results of the volleyball game modification to the student excitement physical education. This was an experimental study with the design of One Group Pretest-Postest Design. The study was conducted at Pagesangan State Elementary School with fifth grade students as subjects. Based on the results of the study, it is known that the modification of volleyball game can increase the joy of student learning in participating in Physical Education learning by 67.63%. Furthermore, It can increase student learning excitement. It is shown from the results of the t-test of similar samples that obtained significance value (2-tailed) amounted to 0,000 <0.05. So based on data, It can be concluded that there was an average difference between the pre-test and post-test results which means there is the effects of the modified game of volleyball. Based on the above results, it can be concluded that the modification of volleyball game can increase the joy of student learning in physical education, sports and recreation subjects.

Key words: Mods, Volley Ball games, and Joy of learning.






Published
2019-08-14
Section
Articles
Abstract Views: 241
PDF Downloads: 615