PENERAPAN MODIFIKASI PERMAINAN BOLAVOLI TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING ATAS BOLAVOLI DI SMKN 1 SURABAYA

  • PANDHU ADITYA WIDYANTO

Abstract

Abstrak

Hasil belajar adalah menerima rangsangan dari luar yang datang pada siswa, baik dalam bentuk masalah situasi gejala dan lain-lain yang termasuk kesadaran keinginan untuk menerima stimulus control dan gejala atau rangsangan dari luar. Tujuan dari penelitian ini Tujuan penelitian adalah pernyataan "mengapa" penelitian dilakukan, atau tujuan penelitian. Pengertian metode penelitihan adalah Menurut McMillan dan Schumacher (2001: 9), metodologi penelitian mengacu pada desain yang menurutnya peneliti memilih pengumpulan data dan prosedur analisis untuk menyelidiki masalah penelitian tertentu. Epistemologi kualitatif didasarkan pada metode interpretatif penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif desain penelitian one group pretest – post test design. Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil perhitungan uji Kolmogorov-Smirnov test dijelaskan bahwa terdapat pengaruh penerapan pembelajaran permainan bolavoli terhadap hasil belajar teknik dasar over hand pass bola voli. peserta ekstrakurikuler bolavoli SMK Negeri 1 Surabaya. Jumlah Uji T signifikan lebih kecil dari alpha (0,005 < 0,05) dengan demikian sesuai dengan ketentuan jika signifikan < α dengan taraf signifikan 5% maka Ha diterima dan Ho ditolak sedangkan hasil dari perhitungan prosentase pengaruh antara hasil pretest dan posttest dengan skor 13,3%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh setelah diberikan treatment dengan menggunakan permainan modifikasi.

Kata kunci : modifikasi permainan, hasil belajar, teknik dasar

Abstract

Learning outcomes are receiving external stimulation to the students, both in the form of symptom situation problems and others, which include awareness of the desire to receive stimulus control and symptoms or stimulation extenally.The research methods, according to McMillan and Schumacher (2001: 9), refers to the design according to which the researcher chooses data collection and analysis procedures to investigate specific research problems. Qualitative epistemology is based on the interpretive method of quasi-experimental research with a quantitative design approach to one group pretest - post test design.The results of the study obtained from the calculation of the Kolmogorov-Smirnov test test explained that there was an effect of applying the learning game of volleyball to the results of learning basic techniques over volleyball hand passes. volleyball extracurricular participants at SMK Negeri 1 Surabaya. The number of T Tests is significantly smaller than alpha (0.005 <0.05) thus according to the provisions if significant <α with a significant level of 5%, Ha is accepted and Ho is rejected while the results of the calculation of the percentage effect between the results of the pretest and posttest are 13, 3%. From these data it can be concluded that there is an effect after being given treatment using a modified game.

Keywords: game modifications, learning outcomes, basic techniques

Published
2019-08-14
Section
Articles
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 75