PENGARUH PENGGUNAAN TALI ELASTIS DAN ALAS KAKI (KESET) TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK

  • ARI PRASETYO

Abstract

Abstrak

Keberhasilan belajar siswa di sekolah dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu dari kesehatan jasmani dari seorang siswa, faktor eksternal dipengaruhi oleh kondisi dari luar diri siswa yaitu berupa keluarga, teman, dan peralatan yang digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar berlangsung, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar pengaruh penerapan modifikasi alat terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Modifikasi dengan memakai tali elastis dan alas kaki sebagai pengganti balok tumpuan dan tali elastis sebagai perangsang untuk siswa melakukan lompatan yang lebih jauh yang lebih tepatnya sebagai rintangan bagi siswa, yang diterapkan pada siswa kelas X BDP3 SMK Negeri 2 Blitar dimana pada kelas tersebut belum mendapatkan pelajaran lompat jauh gaya jongkok sehingga diharapkan adanya peningkatan yang signifikan dari treatment yang diberikan pada kelas tersebut. Jenis dalam penelitian ini adalah penelitian semu dan menggunakan desain Randomized Control Group Pre-test and Pos-test Design. Sampel adalah kelas X BDP 3 sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 35 siswa dan kelas X BDP 2 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pengetahuan saat pre-test sebesar 6.36 dan meningkat menjadi 7.11 dengan selisih 0.76 meningkat sebanyak 11.79%. Nilai rata-rata keterampilan saat preetest sebesar 6.07 meningkat menjadi 6.96 dengan selisih 0.79 meningkat sebanyak 14.66%

Kata Kunci : Hasil Belajar, lompat jauh.

Abstract

Learners’ learning success in school is influenced by internal and external factors. The internal factor is the learners’ physical health, while the external factor is influenced by the learners’ external condition which are family, friends, and the equipment used in the learning process. Based on that factors, the researcher conduct the research entitled The Influence of Modified Equipment to The Learners’ Long Jump Squat Style Learning Result.The aim of this research was to figure out the influence and the amount of the modified equipment’s influence to the learners’ long jump squat style learning result. The equipment was modified by using the elastic rope as the stimuli for the learners to make the further jump or as the obstacle for the learners and footwear as the alternate of support beam. This research was conducted to ten grader of BDP 3 in Senior Vocation High School 2 Blitar where the material of long jump squat style was not being taught yet, so it was expected that there were significant improvement from the treatment given to this class. The type of this research was quasi-research with Randomized Control Group Pre-test and Post-test Design. The samples of this research were 35 learners from ten grade of BDP 3 as the experimental group and 36 learners from ten grade of BDP 2 as the control group. The result of this research revealed that the average knowledge score at pre-test was 6.36 and it was increased to 7.11 with 0.76 difference, thus it was improved as much as 11.79%. The average skill score on pre-test was 6.07 and it was improved to 6.96 with 0.79 as the number of difference, thus it was increased as much as 14.66%.

Keywords: Learning Outcomes, long jump.




Published
2019-09-09
Section
Articles
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 31