TIPE KEPRIBADIAN, GENDER, DAN PILIHAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA

  • GALUH AYU VARINDA

Abstract

Abstrak

Ekstrakurikuler merupakan wadah bagi siswa untuk menunjang kegiatan di luar intrakurikuler. Dari sekian ekstrakurikuler yang ada, olahraga merupakan salah satunya. Jika diamati, dari jenis ekstrakurikuler olahraga beregu dan perorangan memiliki karakteristik yang berbeda. Begitu pula dengan kepribadian siswa yang memiliki karakteristik dan ciri khas masing-masing. Pengelompokan kepribadian manusia dapat dibagi menjadi dua yaitu ekstrover dan introver. Perbedaan karakter tersebut juga dikarenakan oleh perbedaan gender yang memiliki karakteristik pada masing-masing individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tipe kepribadian dan gender dengan pilihan ekstrakurikuler olahraga. Penelitian ini bersifat non-eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 88 siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga yang ada di MAN 2 Mojokerto. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket termasuk inventori ekstrover-introver untuk mengetahui tipe kepribadian siswa. Data dianalisis dengan menggunakan korelasi Phi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa (65,9%) yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga memiliki tipe kepribadian introver dan memilih jenis ekstrakurikuler olahraga beregu (52,3%). Tidak ada hubungan yang signifikan antara tipe kepribadian siswa dengan pilihan ekstrakurikuler olahraga. Ada hubungan yang signifikan antara gender dan pilihan ekstrakurikuler olahraga yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi sebesar 0,27 pada signifikansi 0,01.

Kata Kunci: introver, ekstrover, gender, ekstrakurikuler olahraga.

Abstract

Extracurricular activities provide many activities which can increase students’ non-extracurricular activity achievement. Sport is one of many extracurriculars which has many types and characteristic. Students can chose the suitable activity which suits their personality, characteristics and customs. Personality could be divided into two, which are extrovert and introvert. The difference between characters may be caused by gender and different characters inside each individual. This research aims to know the relation between personality type and gender with the preferable sport extracurricular. It is a non-experimental research by quantitative approach. The subjects were 88 students who followed sport extracurricular at Islamic Senior High School 2 Mojokerto. The data were collected by a questionnaire which included extrovert-introvert inventory to know student’s personality type. The data were analyzed by using the Phi correlation. The result shows that most of the students (65,9%) who follow sport extracurricular have the introvert personality type and choose the group sport extracurricular type (52,3%). There is no significant relationship between student’s personality type with their sport extracurricular preference. There is a significant relationship between gender and sport extracurricular preference that shown with a 0,27 correlation coefficient amount to 0,01 signification.

Keywords: introvert, extrovert, gender, sport extracurricular.






Published
2019-09-17
Section
Articles
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 61