PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR TERHADAP KERJASAMA SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 SIDOARJO

  • MOCHAMMAD AFIF ARDIANSYAH

Abstract

Abstrak

Pendidikan merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang meliputi aspek kognitif, psikomotor, dan afektif. Pendidikan biasa diberikan melalui pengajaran, pelatihan ataupun penelitian. Pada dunia pendidikan dibagi menjadi beberapa tahap seperti prasekolah, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, dan dilanjutkan pada perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional gobak sodor terhadap kerjasama siswa kelas X di SMA Negeri 4 Sidoarjo. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 5 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 6 yang berjumlah 37 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian murni (true experiment) dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan prinsip randomized control group pre-test post-test design. Berdasarkan perhitungan analisis statistik menggunakan IBM SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 24 mendapatkan nilai thitung sebesar 1,217 > ttabel 0,349. Hal tersebut menunjukkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak, sehingga tidak ada pengaruh penerapan permainan tradisional gobak sodor untuk meningkatkan kerjasama siswa pada pembelajaran PJOK kelas X SMA Negeri 4 Sidoarjo.

Kata Kunci: Permainan Tradisional, Kerjasama, Gobak Sodor

Abstract

Education has taken place in learning activity which covers cognitive, psychomotor, and affective aspect. Education often be delivered through teaching, coaching, or research. Furthermore, educational world is separated in several steps such as preschool, elementary school, junior high school, senior high school, and university. The purpose of this research is to find traditional gobak sodor game effects on state senior high school 4 Sidoarjo student’s teamworking. The subject in this research are 36 students of X5 science class as the experiment class and 37 students of X6 science class as the control class. This research is true experiment using quantitative approach and randomized control group pre-test post-test design principal. Based on statistic analysis counting by IBM SPSS (Statistical Product and Service Solutions) version 24, the results of tcount is 1,217 > ttable is 0,349. It shows that H0 is accepted and Ha is denied. So, there is no significant effect of gobak sodor to students teamwork in physical education.

Keywords: Traditional Games, Coorporation, Gobak Sodor






Published
2019-09-19
Section
Articles
Abstract Views: 91
PDF Downloads: 92