PENGARUH FAKTOR INTERNAL, ORANG LAIN, DAN NASIB TERHADAP HASIL BELAJAR PJOK

  • AFRIANTO

Abstract

Abstrak

Keberhasilan belajar siswa di sekolah dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal dipengaruhi oleh faktor jasmani dan faktor psikologi. Faktor eksternal dipengaruhi oleh faktor keluarga dan lingkungan sekitar. Atas dasar tersebut peneliti melakukan penelitian dengan judul Hubungan antara Locus of Control dengan hasil belajar PJOK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan dan seberapa besar hubungan antara LoC dengan hasil belajar PJOK pada siswa kelas X MAN 1 Mojosari. Hasil belajar PJOK yaitu suatu alat ukur untuk menilai ketercapaian belajar siswa melalui matapelajaran PJOK. Variabel LoC diukur menggunakan instrumen IPC dari Levenson, Instrumen ini sudah tidak diragukan lagi keandalannya. Sedangkan variabel hasil belajar PJOK diambil dari nilai harian, UTS dan UAS siswa semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Desain penelitian ini adalah korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 66 siswa dari siswa kelas X MAN 1 Mojosari dengan Teknik sampling menggunakan Multistage Random Sampling. Analisis data menggunakan regresi linier berganda yang dilakukan dengan bantuan Software IBM SPSS Statistic Version 20. Data dalam penelitian ini adalah normal (sig sebesar 0,978>0,05) dan linier (Sig. Sebesar 0,47>0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi sebesar 0,85 dengan Sig sebesar 0,0<0,05. Setelah dilakukan analisis lebih dalam ditemukan bahwa variabel internality memiliki koefisien beta 0,86 dengan Sig. 0,00<0,05, Variabel powerfull others memiliki koefisien beta -0,027 dengan Sig. 0,71>0,05, Variabel chance memiliki koefisien beta -0,035 dengan Sig. Sebesar 0,63>0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan LOC memiliki hubungan dengan hasil belajar PJOK dan setelah dilakukan uji statistik lebih dalam hanya variabel internality yang memiliki hubungan dengan hasil belajar PJOK.

Kata Kunci: locus of control, hasil belajar siswa, PJOK

Abstract

Student’s learning success in school is influenced by internal and external factors. Furthermore, Internal factors are influenced by physical factors and psychological factors. While, external factors are influenced by family factors and environment. Therefore, the researcher conducted a research entitled Relationship between Locus of Control (LoC) and physical education learning outcomes. This study aims to determine whether there is or not and how much the relationship between LoC and physical education learning outcomes of tenth graders students in MAN 1 Mojosari. Physical Education Learning Outcome is a measuring tool for assessing student learning achievement in Physical Education subjects. The LoC variable measured by using IPC instrument from Levenson, this instrument has no doubt on its reliability. Physical Education learning outcomes variables were taken from daily assessments, midterm test and final test score ​​of students in the odd semester of 2018/2019 academic year. This is correlation study with a quantitative approach. The number of samples was 66 tenth graders students from MAN 1 Mojosari with a sampling technique using Multistage Random Sampling. The data was analyzed by using multiple linear regression that carried out with IBM SPSS Statistics Version 20 Software. Based on the analysis, the data was normal (sig of 0.978> 0.05) and linear (Sig of 0.47>0.05). The results showed that the regression coefficient value was 0.85 with Sig of 0.0<0.05. Further analysis found that the internality variable has a beta coefficient of 0.86 with Sig. 0.00 <0.05, others powerful variables have beta coefficients -0.027 with Sig. 0.71> 0.05, chance variables have beta coefficients -0.035 with Sig. 0.63> 0.05. Thus, it can be concluded that overall LOC has a relationship with the learning outcomes of Physical Education and deeper statistical tests showed that only internality variables have a relationship with the learning outcomes of Physical Education.

Keywords: locus of control, student learning outcomes, physical education

Published
2019-10-16
Section
Articles
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 99