HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN MINAT SISWA MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER KARATE DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AL-ISLAM KRIAN

  • ACHMAD SYAHROWANDI
  • HAMDANI

Abstract

Abstrak

Kegiatan ekstrakurikuler adalah merupakan kegiatan yang dilakukan oleh sekolah yang sudah teratur jelas dan terjadwal dengan sistematik yang merupakan program utama dalam proses mendidik siswa. Dalam melaksanakan tiap kegiatan siswa tentu memerlukan fasilitas dan dukungan dari berbagai pihak untuk menunjang keberhasilannya, dalam kasus ini dukungan orang tua. Karena orang tua dapat dikatakan salah satu faktor yang memberikan dukungan secara maksimal. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara dukungan orang tua dan minat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler karate pada SMP Al Islam Krian. Instrumen penelitian menggunakan angket dengan sampel siswa yang mengikuti ekstrakurikuler karate yang telah divalidasi. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 21 menggunakan metode pearson correlation menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan orang tua dengan minat mengikuti ekstrakurikuler karate pada SMP Al Islam Krian, dengan nilai pearson correlation sebesar 0,501 yang berarti hubungan antara kedua variabel berada pada tingkat korelasi sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan orang tua dengan minat mengikuti ekstrakurikuler karate dan memiliki tingkat hubungan sebesar 0,501.

Kata Kunci: dukungan orang tua, karate, minat siswa

Abstract

Extracurricular activities are organized by schools. It provides a systematic program to educate students. However, students still need equipment, facilities or any support from parents. So, parents are involved to support the extracurricular activities. The aim of this research is to find out the relationship between parental support and interest in karate extracurricular activities at Krian Al Islam Middle School. The research instrument is a questionnaire. The research sample are students who participate in karate extracurricular. The data were analyzed by using SPSS version 21 and the pearson correlation method. The result, the significance value is 0,000 which means there is a significant relationship between parental support and interest in participating in karate extracurricular at Krian Al Islam Middle School. Moreover, the pearson correlation value is 0.501. It means that the relationship between the two variables is moderate level of correlation. Thus it can be concluded that there is a significant relationship between parental support and interest in participating in karate extracurricular activities with relationship level is 0.501.

Keywords: parental support, karate, student interest

Published
2019-10-28
Section
Articles
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 80