PENGARUH MODIFIKASI BOLA BASKET SIZE 5 TERHADAP KETRAMPILAN DRIBBLE PADA BOLA BASKET

  • ABIG FAISAL AKHROR

Abstract

Abstrak

Modifikasi adalah menganalisa sekaligus mengembangakan materi pelajaran dengan cara meruntutkannya dengan bentuk aktifitas belajar yang potensial dan dapat memperlancar siswa dalam belajarnya. Penggunaan modifikasi bola basket size 5 dapat dilaksanakan di ekstrkurikuler. Dengan adanya berbagai macam tugas rangkaian gerak dengan macam variasi menggunakan bola basket ukuran 5, siswa akan melakukan latihan dribble dengan runtutan gerak yang telah ditentukan. Adanya modifikasi penggunaan bola basket ukuran 5 dengan berbagai macam gerak ini akan melatih siswa dalam melakukan tahapan dribble dengan benar. Berdasarkan table 3 tersebut, uji beda yang digunakan yaitu parametris. Jenis uji yang digunakan adalah Paired Sample T Test. Nilai rata-rata saat pretest dribble kanan sebesar 48,29 dan meningkat 43% menjadi 69,29 saat posttest. Nilai rata-rata saat pretest dribble kiri sebesar 43,93 dan meningkat 49% menjadi 65,50 saat posttest. Taraf signifikan pada penelitian ini adalah 5% jika nilai signifikan <0,05 maka dikatakan ada pengaruh yang signifikan. Sedangkan jika nilai sig >0,05 maka data dikatakan tidak ada pengaruh yang signifikan. Dapat disimpulkan bahwa nilai signifikan yang diperoleh sebesar 0,000 < 0,05 yang dapat diartikan ada pengaruh yang signifikan.. Dari pembahasan tabel tersebut dapat disimpulkan bahwa latihan dribble bola basket menggunakan bola size 5 dapat meningkatkan kemampuan siswa yang ada didalam ekstrakurikuler bola basket dalam melakukan dribble baik menggunakan tangan kanan ataupun kiri.

Kata Kunci : modifikasi bola basket size 5, dribble, bola basket

Abstract

Modification is analyzing and developing subject matter to support the potential learning activities and facilitating for students. The utilization of basketball size 5 modification can be carried in extracurricular. With the various types of motion assignments with variations using basketball size 5, students will do dribble exercises with predetermined motion sequences. The modification of the use of size 5 basketball with various kinds of motion will train students to do the dribble stages correctly. This is a quantitative study with comparative method. The data were analyzed by Paired Sample T Test. The mean value at the right dribble pretest was 48.29 and increased 43% to 69.29 at the posttest. The average value at the left dribble pretest was 43.93 and increased 49% to 65.50 at posttest. Significant level in this study is 5% if the significant value <0.05 or there is a significant effect. Whereas if the value of sig> 0.05 then the data is said to have no significant effect. It can be concluded that the significant value obtained is 0,000 <0,05 which can be interpreted as having a significant effect. From the discussion, it can be concluded that basketball dribble training by using ball size 5 can increase the ability of students who in basketball extracurricular to do good dribble use right or left hand.

Keywords : modification basketball size 5, dribble, basketball

Published
2019-11-07
Section
Articles
Abstract Views: 85
PDF Downloads: 99