PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DRILLING JARAK PENDEK TERHADAP HASIL BELAJAR RENANG GAYA DADA

  • LUKMAN NUGRAHA APRILIANANTA

Abstract

Abstrak

Pendidikan merupakan kegiatan yang terstruktur dan terencana untuk membentuk kehidupan bangsa yang lebih baik. Pembelajaran merupakan ujung dari pendidikan. Untuk itu proses belajar mengajar harus dirancang dan dilakukan dengan efektif. Dalam mendidik atau pengajaran memiliki berbagai cara dalam menyampaikan pembelajaran salah satunya yaitu menggunakan metode drilling. Dengan menggunakan metode drilling peserta didik akan lebih mudah untuk memahami siklus gerakan dari yang sederhana sampai dengan kompleks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran drilling jarak pendek terhadap hasil belajar renang gaya dada. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian yaitu one group pretest-posttest design. Populasi yaitu seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Pacet Mojokerto, kelas VIII-B terpilih menjadi sampel berdasarkan teknik cluster random sampling. Hasil belajar ranah pengetahuan diukur dengan tes tulis. Sedangkan ranah keterampilan renang gaya dada diukur dengan cara observasi terhadap gerakan tangan, kaki, pernafasan dan koordinasi selama peserta didik melakukan tes 25 meter. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji beda menggunakan t-tes dan wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa ranah pengetahuan saat pretest sebesar 6,79 berubah menjadi 8,39 saat posttest atau meningkat sebesar 7,39%. Peningkatan tersebut dinyatakan signifikan dibuktikan oleh hasil uji beda wilcoxon Z=-3,944 dengan sig. sebesar 0.00<0.05. Pada ranah keterampilan nilai peserta didik saat pretest sebesar 18,47 berubah menjadi 20,34 saat posttest atau meningkat sebesar 19,34%. Peningkatan tersebut dinyatakan signifikan dibuktikan oleh hasil uji beda t-tes t=-3,391 dengan sig. sebesar 0.02<0.05. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode drilling terhadap hasil belajar ranah pengetahuan dan keterampilan renang gaya dada. Sehingga guru PJOK direkomendasikan untuk menggunakan metode drilling dalam pembelajaran renang.

Kata Kunci: drilling. hasil belajar, pengetahuan, keterampilan, gaya dada

Abstract

Education is a structured and planned activity to shape a better national life. Furthermore, teaching and learning process must be designed and carried out effectively. In education or teaching, there are various ways in conveying learning, one of which is using the drilling method. By using students drilling methods it will be easier to understand the movement cycle from simple to complex. The purpose of this study was to determine the effect of short distance drilling learning methods on the learning outcomes of breaststroke swimming. This is a quasi-experimental research with one group pretest-posttest design. The population was the eighth grader students in Junior High School 1 Pacet Mojokerto. Moreover, there were 28 students were selected as research sample based on cluster random sampling technique. Learning outcomes edge are measured by written tests. While the breaststroke swimming skills were measured by observing the movements of the hands, feet, breathing and coordination during the students 25-meter test. The data were analysed by using descriptive statistics and different tests using t-tests and Wilcoxon. The results showed that the students’ learning outcomes during the pretest was 6.79 and changed to 8.39 at the posttest. It increased by 7.39%. The increasing was stated to be significant as evidenced by the results of Wilcoxon Z = -3,944 with sig. amounting to 0.00 <0.05. Students’ skills score at pretest was 18.47 and changed to 20.34 at posttest. It increased by 19.34%. The increasement was declared significant as evidenced by the results of the different t-test t = -3,391 with sig. of 0.02 <0.05. It was concluded that there was a significant influence on the drilling method on learning outcomes in the realm of breaststroke knowledge and swimming skills. Furthermore, physical education teachers are recommended to use drilling methods in swimming learning.


Keywords: drilling, learning outcomes, knowledge, skills, breaststroke








Published
2019-11-08
Section
Articles
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 33