PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MANDIRI BERSTRUKTUR DAN METODE RESIPROKAL TERHADAP HASIL BELAJAR SERVIS PENDEK BULUTANGKIS

  • BARA WAHYU RAMADHAN

Abstract

Abstrak

Metode pembelajaran adalah suatu cara penyampaian materi yang digunakan oleh guru dimana tujuan akhirnya agar siswa lebih tertarik dan aktif dalam proses KBM yang pada akhirnya tujuan pembelajaran tercapai. Adapun pada penelitian ini memiliki tujuan mengetahui tingkat efektivitas antara 2 metode pembelajaran yang sengaja dibandingkan oleh peneliti. Adapun teknis pelaksanaannya yaitu dengan ke-2 metode pembelajaran diterapkan pada pembelajaran servis pendek bulu tangkis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Driyorejo. Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 64 siswa dari 3 kelas yang terdiri dari 1 kelas sebagai kelompok kontrol, 1 kelas perlakuan metode mandiri berstruktur dan 1 kelas perlakuan metode resiprokal. Dalam menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan persentase. Dimana antara ke-2 metode pembelajaran tersebut dibandingkan persentase jumlah siswa yang tuntas sesuai KKM SMP Negeri 1 Driyorejo, dimana KKMnya yaitu sebesar 75. Berdasarkan hasil penelitian, tingkat keefektifan dan efisiensi antara 2 metode yang diterapkan tersebut menunjukkan bahwa metode resiprokal menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan metode mandiri berstruktur. Dimana tingkat ketuntasan siswa pada penerapan metode resiprokal mencapai 90 %, dan penerapan metode mandiri berstruktur mencapai 80 %. Sehingga dari penjabaran dan data tersebut dapat disimpulkan bahwa sangat penting bagi guru untuk dapat menguasai dan mengaplikasikan berbagai metode pembelajaran, dan pada penelitian ini diketahui bahwa metode resiprokal lebih efektif dan efisien dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan penerapan metode mandiri berstruktur.

Kata kunci : Metode Pembelajaran, Metode Mandiri Berstruktur, Metode Resiprokal

Abstract

Learning method itself is a way to delivery of the materials used by teachers in which the goal is in order that the students are more interested and active in the process of the teaching and learning activity and so that learning objectives are achieved optimally. This research aims to find out between independent method of structured and the reciprocal method. Which are between those two methods are more efficient and effective when applied to a short badminton service learning in eight grade of Junior High School 1 Driyorejo. The number of samples that are researched as much as 64 students from 3 grade consisting of 1 class as the control group, 1 independent method of treatment structured classes and class 1 treatment methods reciprocally. Data analysis techniques used by percentage. Where between the 2nd of these learning methods in comparison to the percentage of the number of students who complete appropriate minimal completeness criteria Junior High School 1 Driyorejo, where minimal completeness criteria amounting to 75. Based on the research results, the level of effectiveness and efficiency between these 2 methods that applied have showed that reciprocally method has better results compared to self-structured method. Where the rate of completeness students on the application of the method of reciprocal reached 90%, and application independent method of structured reaches 80%. So from the elaboration and the data it can be concluded that it is important for teachers to be able to master and apply various methods of learning, and in the research note that the reciprocal method is more effective and efficient in improve student learning results compared to the application of the method of structured independent.

Keywords: Learning methods, Independent Structured Methods, methods of Reciprocally

Published
2019-11-20
Section
Articles
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 88