PENERAPAN PERMAINAN BALLNASTIC TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBLLING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA

  • PUGUH BACHTIAR

Abstract

Abstrak

Sekolah merupakan sebuah lembaga pendidikan untuk para siswa dalam aktivitas belajar mengajar dibawah pengawasan seorang guru. Kegiatan belajar mengajar di setiap sekolah di Indonesia dikelola oleh kurikulum pendidikan dimana telah dibentuk materi, sarana dan prasarana serta berbagai aturan yang berlaku, akan tetapi guru dituntut untuk menginovasi materi yang ada agar tujuan pendidikan bisa tersampaikan pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian permainan ballnastic terhadap hasil belajar dribbling dalam permainan sepakbola di SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo. Subjek penelitian ini adalah dua rombel dengan jumlah siswa adalah populasi 72 siswa dan 36 siswa untuk sampel. Pendekatan dalam analisis penelitian ini menggunakan jenis statistik kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan Non-Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan dari hasil analisis data menggunakan statistik, dapat diketahui bahwa nilai peningkatan setelah dilakukan pemberian treatment penerapan permainan ballnastic terhadap hasil belajar dribbling dalam permainan sepakbola dapat dibuktikan dengan perhitungan presentase pengaruh yaitu pada kelompok eksperimen untuk pengetahuan sebesar 25,39%, sedangkan untuk keterampilan sebesar 23,21%. Pada kelompok control untuk pengetahuan sebesar 2,95%, sedangkan untuk keterampilan sebesar 3,57% dengan hasil ini dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pemberian permainan ballnastic terhadap hasil belajar dribbling dalam permainan sepakbola SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo dapat diketahui dari variabel dribbling kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang lebih besar dari kelompok kontrol baik ranah pengetahuan maupun keterampilan sehingga terdapat hasil belajar dribbling pada permainan sepakbola

Kata kunci: ballnastic, dribbling, sepakbola, kontrol.

Abstract

School is an educational institution for students in teaching and learning activities under a teacher supervision. Teaching and learning activities in Indonesia are regulated by Indonesian education curriculum. It also regulates the materials, facilities, infrastructure and various applicable rules. Furthermore, teachers are also required to innovate existing materials so the purpose of education can be conveyed to students. The purpose of this research was to determine the effect ballnastic games on the results of dribbling in football at Senior High School of Wachid Hasyim 2 Taman, Sidoarjo. The subjects of this research were two classes with 72 students as population and 36 students as sample. This is a quantitative study by using non-randomized control group pretest-posttest design. Based on the results of data analysis, it can be seen that the increasement. It can be proven by calculating the knowledge percentage in the experimental group, It is 25.39%. Furthermore, the skills improvement is 23.21%. In the control group the knowledge improvement is 2.95%, while the skill improvement is 3.57%. It can be concluded that there is a significant influence on the ballnastic game giving to the results of dribbling learning in football games at Senior High School of Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo. It can be seen from the dribbling variable that the experimental group gets greater improvement compare with control group. The significant different are both in the knowledge and skills of dribbling learning in football games.

Keywords: ballnastic, dribbling, football, control

Published
2019-11-20
Section
Articles
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 87