PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH DALAM MATA PELAJARAN PJOK PADA SISWA KELAS X

  • RIZAL ADI SAPUTRA

Abstract

ABSTRAK

Proses pembelajaran PJOK yang sudah dilakukan selama ini menjadi fenomena umum bahwa belum ada kontribusi penting dari pendidikan jasmani baik pada pendidikan maupun pada perkembangan dan pertumbuhan individu siswa. Hal ini terjadi dikarenakan dalam proses pembelajaran masih ditemukan guru memberikan pengajaran sekedarnya, cukup siswa bergerak dan sementara nilai-nilai pendidikan tidak ditanamkan. Dari hasil penelitian terdahulu dapat diketahui bahwa ada variasi hasil pencapaian kompetensi pembelajaran mulai dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Variasi pencapaian tersebut dipengaruhi oleh kemampuan siswa yang berbeda-beda dalam menangkap materi pembelajaran yang sedang dilaksanakan. Sedangkan tujuan pada penelitian yang sekarang sudah dilaksanakan dengan diterapkannya pendekatan saintifik dalam materi lompat jauh menggunakan media kardus bekas yaitu memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan gerak yang maksimal sesuai dengan materi pembelajaran dan sekaligus untuk mengetahui peningkatan pembelajaran dalam kompetensi pengetahuan dan keterampilan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian One Group Pretest-posttest Design dan instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa tes yang menggunakan rubik penilaian 4 ranah nilai yaitu nilai spiritual, nilai sikap sosial, nilai pengetahuan, nilai keterampilan. Dari hasil pengolahan data diperoleh peningkatan hasil pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik, ini dibuktikan dengan persentase angka yaitu pada aspek pengetahuan sebesar 59,91%, aspek keterampilan sebesar 19,75%. Sedangkan dalam aspek sikap spiritual dan sikap sosial penilaian dilakukan dalam bentuk jurnal pengamatan. Jadi dapat diketahui dari variabel hasil belajar lompat jauh mengalami peningkatan baik dari aspek pengetahuan maupun aspek keterampilan sehingga terdapat pengaruh dari penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil pembelajaran lompat jauh.

Kata kunci: Pendekatan saintifik, atletik, lompat jauh

ABSTRACT

Physical education learning process which have been conducted in all this time leads to the general phenomena that there is no significant contribution of this subject to learners’ education, development and growth. It is happened due to the fact that in the learning process, it still could be found the teachers who only give the common teaching activity which is making the learners move without giving education value. Based on the previous research, it can be known that there are various result of learning competence achievement in knowledge, skill, and attitude aspect. Those achievement’s variations were influenced by the students’ diverge ability to understand the learning material. Therefore, the aims of this study that have been conducted by the application of scientific approach in long jump material using used cardboard were to give the chance for students in doing the maximum movement based on the material and to know the increases of knowledge and skill lesson. The type of this research was quasi-experiment with One Group Pretest-Posttest Design. Moreover, the research instrument which was used to collect the data was the rubric with 4 score domains, they are spiritual, social attitude, knowledge and skill. Based on the gained data tabulation, it was figured out that the learning result by using scientific approach was increasing. It was proven by the score percentage of knowledge aspect which was 59,91% and skill aspect which was 19,75%. While the assessment of spiritual and social attitude aspect was conducted in the form of observation journal. Thus, based on the long jump learning result variable, it can be known that the result increased in both knowledge and skill aspect, so there was the influence of scientific approach’s application to the learning result of long jump lesson.

Keywords: Scientific approach, athletics, long jump.
Published
2019-11-20
Section
Articles
Abstract Views: 65
PDF Downloads: 41