PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI

  • INDIKA AZHARY

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani merupakan usaha peningkatan keterampilan melalui aktivitas jasmani serta membentuk sikap sosial yang berintelektual. Di dalam kegiatan PJOK sangat penting memberikan siswa kesempatan terlibat dalam pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani agar siswa dapat mengembangkan keterampilan geraknya secara maksimal. Mencapai keberhasilan tujuan pembelajaran sangat diutamakan dalam usaha guru membelajarkan peserta didik dengan sesuai pembelajaran yang telah dirancang. Maka dari itu pemilihan model pembelajaran, strategi pembelajaran dan teknik pembelajaran suatu hal yang penting untuk diutamakan. Contohnya dengan memberikan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together akan membuat pembelajaran lebih berstruktur dan menjadi aktif. Dari pengamatan di SMAN 1 Purwoasri siswa cenderung pasif, tidak memiliki antusias belajar. Penelitian yang dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh dan besarnya pengaruh penerapan model NHT terhadap hasil belajar passing bawah. Pembelajaran ini menerapkan kerjasama, pembelajaran terstruktur, bertanggungjawab dan pola interaksi siswa yang aktif. Berdasarkan hasil perhitungan disimpulkan bahwa ada pengaruh pada penerapan model NHT terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa kelas X SMAN 1 Purwoasri. Dibuktikan dengan hasil analisis statistik bahwa nilai ranah pengetahuan Z-6,768 dengan Sig= 0,000≤α=0,05 dan ranah keterampilan Z-4,647 dengan Sig= 0,000≤ α=0,05 yang sesuai dengan kriteria pengujian yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.

Kata kunci : Kooperatif, NHT, passing bawah, Bolavoli

Abstract

Physical education is an effort to improve skills through physical activities and to form intellectual social attitudes. In PE activities, it is very important to give students the opportunity to engage in learning experiences through physical activities so that students can develop their movement skills to the fullest. Achieving the success of learning objectives is very important in the effort of teachers to teach students according to the learning that has been designed. Therefore selection such as learning models and learning techniques is an important to prioritize. For example, providing a cooperative learning model type Numbered Head Together that will make learning more structured and active. From observations, at Public Senior High School 1 Purwoasri students tend to be passive, do not have enthusiasm in learning. Research conducted to determine the effect and application of NHT on learning outcomes forehand volleyball. This learning applies collaboration, structured learning, responsibility and active student interaction patterns. Based on the calculation results it is concluded that there is an application of NHT on learning outcomes forehand volleyball in class X of Public Senior High School 1 Purwoasri. proven by results of statistical analysis that the realm of knowledge of Z-6,768 with Sig= 0,000<α=0.05 and the realm of skills has a value of Z-4,647 with Sig=0,000≤α=0.05 which matches the testing criteria which means that Ho is rejected and Ha is accepted.

Keywords: Cooperative, Forehand, NHT, Volleyball

Published
2019-11-28
Section
Articles
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 19