HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DENGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SRENGAT BLITAR

  • VISENSIA CHRISTANTI GLORINDA WANJAYA

Abstract

Abstrak

Pendidikan merupakan suatu hubungan antar faktor yang terlibat sebagai proses pembinaan yang dapat berlangsung seumur hidup guna mencapai tujuan pendidikan. Tujuan pendidikan tidak sekedar tentang pengembangan informasi pengetahuan secara langsung di dalam aneka pengalaman belajar melalui aktivitas fisik. Tujuan tertinggi dari pendidikan merupakan pengembangan kepribadian yang bersifat positif juga berakhlak mulia dengan mempertahankan karakter yang baik. Dampak kemajuan dari ilmu pengetahuan juga teknologi yang sekarang menjadi tolak ukur didunia pendidikan khususnya Pendidikan Jasmani Olahraga dan Rekreasi. Tenaga manusia lebih sering tergantikan dengan kemajuan teknologi yang mengakibatkan banyak manusia kurang melakukan aktivitas gerak. Aktivitas fisik harian yang tergolong cukup dengan minimal 30-90 menit perhari dengan intensitas waktu 3-7 hari setiap satu minggu. Penelitian ini termasuk penelitian populasi dengan jenis penelitian non-eksperimen dengan jumlah 429 peserta didik dalam satu tingkatan kelas XI. Dengan menggunakan correlation sperman’s penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan dari AF dengan MFT menggunakan instrumen angket aktivitas fisik harian (Daily Physical Activity) dan menggunakan tes Multistage Fitnes Test (MFT).

Nilai signifikansi dari AF dengan MFT memiliki besar 0,000<0,05 yang bisa dikatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Nilai koefisien correlation sebesar 0,415 menunjukkan nilai yang positif dengan besar hubungan antara AF dan MFT sebesar 17,2%.

Kata Kunci : Aktivitas Fisik, Kebugaran Jasmani

Abstract

Education process continues in a lifetimes in order to gain the objectives of education. The education objectives is not only dealing with the development of knowledge and information directly in the various learning experiences through the physical activities. The highest objective of education is the positive personality and nobly morality development by preserving good characteristic. The impact of present science and technology development become the measuring rod in the education field especially in physical education, health and recreation. Human force often replaced by technology development which causing many people do less movement activities. Daily physical activities is considered enough by doing minimum 30-90 minutes in a day with the intensity 3-7 days in a week. This research was included in population research with non-experiment type and with the number of 429 students in one level of XI grades. By using correlation sperman’s, this research was conducted to know the relationship between AF and MFT using daily physical activity questionnaire as the instrument and using Multistage Fitnes Test (MFT). The significance value of AF and MFT was 0,000<0,05 which can be stated that Ha was accepted and H0 was unaccepted. Correlation coefficient value which was 0,415 shows the positive value with the amount of relationship between AF and MFT as much as 17,2%.

Keywords : Physical Activity, Physical Vitality.

Published
2019-12-19
Section
Articles
Abstract Views: 75
PDF Downloads: 95