PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) PADA PEMBELAJARAN PUKULAN SERVIS PANJANG FOREHAND PADA BULU TANGKIS

  • SATRIA DAMAR WIJAYA

Abstract

Abstrak

Hasil observasi belajar servis panjang forehand bulu tangkis pada siswa kelas VI tahun ajaran 2017-2018 di salah satu SD Negeri yang berada di Kabupaten Sidoarjo, masih banyak yang kurang dalam cara melakukan servis panjang forehand dan penilaian hasil praktik servis panjang forehand karena hasilnya masih di bawah Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB) yaitu 70. Hal tersebut karena siswa yang kurang mampu melaksanakan servis panjang forehand yang baik dan benar, sehingga hasil dari penilaian bulu tangkis mereka masih kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh penggunaan media audio visual pada pembelajaran pukulan servis panjang forehand pada siswa kelas VI SD Negeri Pabean 2 Sidoarjo. Populasi penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri Pabean 2 Sidoarjo tahun ajaran 2018-2019. Di penelitian ini menggunakan simple random sampling yaitu seluruh siswa kelas VI SD Negeri Pabean 2 Sidoarjo dengan jumlah 53 orang yang terbagi dalam 2 kelas, setelah itu menentukan sebuah kelas dengan cara acak dari dua kelas yang terdapat pada kelas VI dan menjadikan kelas penelitian atau eksperimen yang berjumlah 28 siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian eksperimen semu, serta pendekatan kuantitatif. Rancangan yang diteliti menggunakan One Group Pretest Posttest Design. Perlakuan yang diberikan adalah pembelajaran servis panjang forehand bulu tangkis yang berdurasi 4 jam pembelajaran dan di luar penelitian, peneliti menambahkan tambahan perlakuan 2 jam di ekstrakurikuler yang berlangsung di hari minggu. Teknik pengumpulan data menggunakan tes servis panjang forehand yang dilakukan 2 kali yaitu saat tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh media audio visual (video) pada pembelajaran servis panjang forehand bulu tangkis kelas VI di SD Negeri Pabean 2 Sidoarjo. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji-t, taraf signifikansi 0,05 dengan nilai t test 2,924 > t tabel 1,703, yang menunjukkan hipotesis alternatif diterima. Nilai rata-rata post-test sebesar 4,21 > 2,71 nilai rata-rata pre-test. Hal ini terbukti pula dengan adanya perhitungan persentase peningkatan sebesar 55 %. Dengan demikian dapat di jelaskan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media audio visual (video) terhadap hasil belajar servis panjang forehand bulu tangkis pada siswa kelas VI SD Negeri Pabean 2 Sidoarjo.

Kata kunci: servis forehand, bulu tangkis, media, audio visual

Abstract

The observation showed that the results of the sixth graders’ long forehand badminton service learning in one of the state elementary schools in Sidoarjo 2017-2018 academic year were still under the average, regarding the minimum learning criteria or KKB (Kriteria Ketuntasan Belajar); which was 70. This was caused by their lack of ability in doing the long forehand badminton service appropriately. Therefore, this present study is aimed to find out how the use of audio-visual (video) media affects the result of the long forehand badminton service-learning of the sixth graders in SD Negeri Pabean 2 Sidoarjo. The population of this study was the 6th graders of SD Negeri Pabean 2 Sidoarjo 2018-2019 academic year. The sample was chosen by the researcher through a simple random sampling method involving two VI-grade classes consisting of a total of 53 students. The 28 students were finally selected to be the experimental class. This study is a quasi-experimental study that had been conducted by using a quantitative approach. Moreover, the One Group Pretest Posttest Design was chosen as the research design and the treatment given was the long forehand service-learning conducted within 4 hours of learning. The extra 2 hours of learning was also given by the researcher in the badminton extracurricular on Sunday. The data were collected through a pre-test and post-test on long forehand badminton service that had been done by each of the students. The results showed the use of audio-visual media (video) gives a significant influence on the students’ long forehand badminton service learning in SD Negeri Pabean 2 Sidoarjo. It can be proven by the result of the t-test; a significant level of 0.05 with a t-test value of 2.924> t table 1.703, indicating an alternative hypothesis is accepted. The post-test average value is 4.21 > 2.71 pre-test average value. Furthermore, this finding is also proven by the calculation of the percentage increase in the amount of 55%. Finally, it can be concluded that the use of audio-visual media can significantly promote the result of the students’ learning in long forehand badminton service, especially the sixth graders’ of SDN Pabean 2 Sidoarjo.

Keywords: forehand service, badminton, media, audio visual

Published
2019-12-19
Section
Articles
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 73