PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TALI TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN (Studi Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Mojokerto, Mojokerto)

  • RICHI AWA KHOLIQULHUDA

Abstract

ABSTRAK

Media pembelajaran merupakan alat bantu untuk pembelajaran agar dapat digunakan untuk merangsang perhatian, pikiran, dan kemampuan, sehingga dapat terjadinya proses belajar. Dengan media pembelajaran siswa akan lebih aktif dan mendorong terjadinya proses belajar mengajar. Rumusan masalah yang ingin diteliti yaitu mengenai ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media tali dan besarnya pengaruh penggunaan media tali terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok dalam pembelajaran PJOK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari jawaban atas rumusan masalah tersebut yaitu mengetahui adanya pengaruh penggunaan media tali terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Static Pretest-Posttest Control Group Design Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Mojokerto dengan jumlah total 925 siswa. Sedangkan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VII G dan VII F yang berjumlah 30 siswa. Cara memperoleh data dengan cara melakukan pre-test , perlakuan dan post-test yang dilakukan 4 kali pertemuan. Berdasarkan hasil analisa menggunakan aplikasi komputer SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) diketahui hasil analisis yaitu diperoleh hasil thitung sebesar 2.314 dengan taraf signifikasi 0,024. Diketahui juga nilai ttabel sebesar 2.051 dengan taraf signifikan 0,05. Kemudian penghitungan uji t nilai signifikan pada thitung (0,00) < ttabel (0,05) yang berarti Ha dapat diterima dan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan media tali terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok di SMPN 1 Mojokerto. Besarnya persentase peningkatan pada hasil belajar lompat jauh gaya jongkok kelas VII G kenaikan sebesar 43.00% dan pada kelas VII F kenaikan sebesar 29.00%. Dari hasil perhitungan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh penggunaan media tali terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VII SMPN 1 Mojokerto.

Kata kunci : Media, Tali, Lompat Jauh, Gaya Jongkok, Hasil Belajar.

ABSTRACT

Learning media is a tool for teaching and learning process so that it can be used to stimulate thoughts, attention, feelings and abilities so that it can encourage the learning process. With learning media student will be more active, cheerful and encourage teaching and learning. This research uses quasi experiments with a quantitative approach. The research design that used in this study was The Static Pretest-Posttest Control Group Design. While the research samples were class VII G and VII F which numbered 30 students. Based on the results of the analysis using SPSS computer application (Statistical Package for the Social Sciences), the results of tcount is 2.314 with a significance level of 0.024. It is also known that the table value is 2.051 with a significant level of 0.05. Then the calculation of the t-test is a significant value on tcount (0.00) <ttable (0.05) which means that Ha can be accepted and there is a significant effect on the use of rope media on the learning outcomes of squat style long jumps at Mojokerto 1 Junior High School. The percentage increase in the learning outcomes of long jump squat style class VII G increases by 43.00% and in class VII F increases by 29.00%. From calculation result above, it can be concluded that there is an influences using rope media to long jump squat style learning outcomes in grade VII student Junior High School 1 Mojokerto.

Keywords: Media, Rope, Squat Style, Long Jump, Learning Result.

Published
2019-12-19
Section
Articles
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 25