HUBUNGAN KEBUGARAN JASMANI TERHADAP TINGKAT KONSENTRASI PESERTA DIDIK (Studi Pada Peserta Didik SMP Negeri 1 Gondang Mojokerto)

  • ERWIN PERMANA PUTRA

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani merupakan salah satu bagian penting dari sebuah proses pendidikan secara keseluruhan yang diselenggarakan di setiap satuan pendidikan, tujuan pendidikan jasmani bukan hanya mengembangkan ranah jasmani, tetapi juga mengembangkan aspek kesehatan, kebugaran jasmani, keterampilan berpikir kritis, stabilitas emosional, keterampilan sosial, penalaran dan tindakan moral melalui kegiatan aktivitas jasmani dan olahraga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara kebugaran jasmani dengan konsentrasi peserta didik di SMP Negeri 1 Gondang, Mojokerto, dengan jumlah sampel sebanyak 258 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah non eksperimen dengan variabel bebas yaitu kebugaran jasmani dan variabel terikat yaitu konsentrasi peserta didik, penelitian ini menggunakan instrumen multistage fitness test untuk mengukur kebugaran jasmani dan grid concentration test untuk mengukur tingkat konsentrasi pada peserta didik. Perhitungan data yang diperoleh dianalisa menggunakan pendekatan statistik kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan perangkat lunak SPSS, peneliti menyimpulkan bahwa ada hubungan antara kebugaran jasmani dengan tingkat konsentrasi peserta didik di SMP Negeri 1 Gondang, Mojokerto, dengan nilai signifikansi sebesar 0,01 dan koefisien korelasi sebesar 0,21 yang berarti memiliki keeratan yang lemah, sehingga dapat dihitung koefisien determinasinya sebesar 4,4% artinya besarnya kontribusi variabel kebugaran jasmani terhadap konsentrasi adalah sebesar 4,4%.

Kata Kunci : kebugaran jasmani, konsentrasi, peserta didik

Abstract

Physical education is one of the important parts of the whole education process which is conducted in each of education institution. The aim of physical education is not only improving physical aspect but also improving health, physical fitness, critical thinking skill, emotional stability, social skill, intellectuality, and morality behavior aspects through physical and sports activities. The aim of this research was to know whether or not there was correlation between physical fitness and learners’ of Gondang 1 State Junior High School, Mojokerto concentration level, with the number of 258 learners as the sample. This research was non experiment research with physical fitness as free variable and learners’ concentration level as control variable. This research used multistage fitness test as the instrument to measure physical fitness and grid concentration test as the instrument to measure the level of learners’ concentration. Data tabulation which was gotten was analyzed using quantitative statistic approach. Based on the data analysis using SPSS software, researcher concluded that there were correlation between physical fitness and concentration level of Gondang 1 State Junior High School, Mojokerto learners, with the significance value as much as 0,01 and the amount of correlation coefficient was 0,21 which means that it had the weak closeness. Thus, its determination coefficient can be counted as much as 4,4% which means that the amount of physical fitness variable contribution to the concentration was 4,4%.

Keywords: physical fitness, concentration, learners


Published
2019-12-26
Section
Articles
Abstract Views: 197
PDF Downloads: 528