PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING SEPAK BOLA (Studi Pada Siswa Kelas V SDN Karanglangit Lamongan)

  • MOCHAMMAD FAJAR TRI ANGGORO

Abstract

Abstrak

Hasil observasi di SDN Karanglangit menunjukkan kurangnya aspek kerjasama, keterampilan dan pengetahuan tentang passing sepak bola. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model Student Teams-Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar passing sepak bola. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan dari hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian ini dapat diketahui terdapat pengaruh yang signifikan. Berdasarkan hasil yang menunjukan nilai thitung sebesar -9.997 dengan nilai signifikan 0.00, nilai ttabel sebesar 2.064 dengan nilai signifikan a=0.05. artinya apabila nilai t-hitung>t-tabel maka dapat dikatakan hipotesis yang diajukan diterima atau terdapat pengaruh yang signifikan. Model pembelajaran kooperatif Student Teams-Achievement Division (STAD) memberikan peningkatan sebesar 69% terhadap hasil belajar passing sepak bola.

Kata Kunci: hasil belajar, Student Teams-Achievement Division (STAD), passing

Abstract

Based on the observation at Karanglangit Elementary School, it revealed that there is lack of cooperation, skills and knowledge about football passing. The purpose of this study was to determine the effect of applying the Student Teams-Achievement Division (STAD) model to the results of learning passing in football. This research employed quantitative descriptive method. The data were departing from the results of the pretest and posttest. The results of this study revealed a significant. The results showed the tvalue of -9,997 with a significant value of 0.00, the ttable value of 2,064 with a significant value of a=0.05. If the value of t-count> t-table, it can be said that the proposed hypothesis was accepted or there was a significant influence. The Student Teams-Achievement Division (STAD) cooperative learning model provided an increase of 69% in football passing learning outcomes.

Keywords: learning outcomes, Student Teams-Achievement Division (STAD), passing

Published
2019-12-27
Section
Articles
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 30