PENERAPAN ONE BIG VS TWO SMALL TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLING SEPAKBOLA

  • CHINTIA TRINANDA WIJAYA

Abstract

Abstrak

Belajar merupakan aktivitas yang tidak dapat dipisahkan dengan manusia. Kehidupan di zaman yang modern saat ini, seseorang mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, untuk memenuhi kebutuhan rasa ingin tahu yang tinggi tersebut seseorang perlu belajar. Belajar dapat dilaksanakan melalui proses pembelajaran di sekolah. Penggunaan model pembelajaran sangat berpengaruh dengan hasil belajar. One Big vs Two Small merupakan salah satu jenis Small Sided Games yang ada di dalam permainan sepakbola yang dapat dilakukan dalam proses pembelajaran. Penggunaan ukuran lapangan yang lebih kecil daripada lapangan sepakbola, yang tidak mengurangi ruang gerak peserta didik dalam melakukaan aktivitas pembelajaran PJOK. Dalam One Big vs Two Small yang berbeda dengan jenis Small Sided Games yang lainnya adalah jumlah dan ukuran gawang yang digunakan dalam permainannya. Gawang yang digunakan sejumlah 2 gawang kecil dan 1 gawang besar. Jumlah pemain yang ada dalam permainan ini dapat menyesuaikan dengan jumlah peserta didik yang ada dalam satu kelompok belajar. Tujuan dari permainan ini adalah meningkatkan kemampuan keterampilan lari dan operan bola dengan gerakan-gerakan yang cepat untuk melewati lawan dan membawa bola ke arah yang dituju. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan One Big vs Two Small terhadap hasil belajar dribbling sepakbola di kelas XI SMA Negeri 1 Driyorejo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian two group pre-test post-test design. Proses pengambilan data dengan tes keterampilan dan tes pengetahuan. Menurut hasil analisis statistik dapat diketahui terdapat pengaruh penerapan One Big vs Two Small terhadap hasil belajar dribbling sepakbola. Memiliki nilai signifikansi dengan besar 0,000<0,05 yang bisa dikatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Besarnya pengaruh pemberian penerapan One Big vs Two Small terhadap hasil belajar siswa pada materi dribbling sepakbola sebesar 79 %.

Kata Kunci: one big vs two small, sepakbola, dribbling

Abstract

Learning is an activity that cannot be separated from humans. In These modern times, people are curious, and to satisfy their curiously, they need to learn. Learning can be done through the learning process at school. The use of learning models is very influential with learning outcomes. One Big vs Two Small is one type of Small Sided Games in football. The most prominent difference between One Big vs Small with other game in is the adjustable size of the field to the available space. Besides, game rules can be simplified. Therefore the students are not restricted with the field size and rules. Other differences between One Big vs Two Small and other types of Small Sided Games are the number and size of the goalpost in the game. The goalpost used are 2 small ones and 1 big one. The number of players in this game can also be adjusted to the number of students in the group. The aim of this game is to improve the run and pass skill with fast movements to pass the opponent and bring the ball to the target. This study aims to determine the effect of One Big vs Two Small implementation in learning football dribbling in class XI of SMA Negeri 1 Driyorejo. This research is an experimental research with quantitative approach, two group pre-test post-test design. The methods used in collecting data are skills tests and knowledge tests. According to the results of statistical analysis, it can be seen that there is an effect of the application of One Big vs Two Small to the results of learning football dribbling. It has a significance value of 0,000 <0.05 Therefore, Ha is accepted and H0 is rejected. The magnitude of the effect of One Big V Two Small to the completeness of student learning in football dribbling material is 79%.

Keywords: one big vs two small, football, dribbling

Published
2020-01-17
Section
Articles
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 25