SURVEI SARANA PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SD NEGERI SE-GUGUS 1 DI KECAMATAN WONOAYU KABUPATEN SIDOARJO

  • DHIO YUDHISTIAN PRATAMA

Abstract

Abstrak

Sarana prasarana PJOK adalah salah satu peralatan, perlengkapan dan fasilitas sebagai alat bantu kegiatan agar tercapainya pembelajaran olahraga. Sarana prasarana dianggap suatu hal yang sangat penting untuk kegiatan belajar mengajar karena diharapkan bisa mencapai tingkat kepuasan aktivitas gerak siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran sarana dan prasarana yang ada disetiap-setiap SD Negeri se-Gugus 1 Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dan menggunakan populasi SD Negeri se-Gugus 1 Kecamatan Wonoayu yang berjumlah 10 sekolah. Dari hasil penelitian survei sarana dan prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SD Negeri se-Gugus di Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo dapat disimpulkan berdasarkan hasil olah data yang sudah dihitung menggunakan rumus persentase dan mendapatkan kategori “C” keterangan “cukup” dengan nilai 56,40%.

Kata Kunci: pendidikan jasmani, sarana prasarana, survei

Abstract

The facilities for physical education (PE) are the equipment and facilities that can help a teaching and learning activity. Infrastructure is considered a very important thing for teaching and learning activities because it is expected to reach the level of satisfaction of student movement activities. The purpose of this study is to find out how the description of existing facilities and infrastructure in every Elementary Schools in Cluster 1 Wonoayu District, Sidoarjo. The method used in this study is a quantitative descriptive method and uses a population of 10 elementary schools in Wonoayu Subdistrict. From the survey results of physical education facilities and infrastructure in Elementary Schools on Wonoayu District, Sidoarjo can be concluded based on the results of data processing that has been calculated using the percentage formula and get the category "C" information "sufficient" with a value of 56.40%.

Keywords: physical education, infrastructure facilities, surveys

Published
2020-01-17
Section
Articles
Abstract Views: 123
PDF Downloads: 178