PENGARUH PENGGUNAAN METODE BAGIAN (PART METHOD) TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET

  • IZZATUL BADRIYAH

Abstract

Abstrak

Metode bagian adalah metode yang mengajarkan suatu keterampilan secara memecah bagian perbagian untuk menjadi satu rangkaian gerak secara keseluruhan. Dengan demikian sebaiknya guru PJOK dapat memberikan keterampilan dari gerak yang sederhana, yang mudah meningkat sampai gerakan yang sulit sehingga harapannya pada akhir proses anak dapat memperagakannya secara utuh. Dalam penggunaan metode bagian diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar dribble bola basket pada peserta didik. Berdasarkan hasil perhitungan data yang diperoleh maka nilai yang terdapat pada saat pretest pengetahuan memiliki rata-rata 67,74 sedangkan untuk postest meningkat 90,96. Nilai pretest keterampilan memiliki rata-rata 40,83 dan untuk posttest meningkat menjadi 85,96. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode bagian (part method) terhadap hasil belajar dribble bola basket di SMP Negeri 2 Waru. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan pada kelompok eksperimen sebesar 0.00 < 0.05 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan dan dibuktikan dengan perhitungan persentase pengaruh yaitu sebesar 25,52% pada ranah pengetahuan dan 52,50% pada ranah keterampilan dribble.

Kata Kunci: metode bagian (part method), dribble, bola basket

Abstract

The part method is a method that teaches a skill by breaking up parts into parts into a whole series of movements. Thus PE teachers should be able to provide skills from simple movements, which can easily increase to difficult movements so that their expectations at the end of the process of the child can demonstrate it as a whole. In the use of the section method is expected to improve learning outcomes dribble basketball in students. Based on the results of the calculation of the data obtained, the value contained at the time of the pretest knowledge has an average of 67.74 while for the posttest it increases by 90.96. The value of the pretest skills has an average of 40.83 and for the posttest increased to 85.96. From the results of this study it can be concluded that there is an influence of the use of the part method on the learning outcomes dribble of basketball in Junior High Shcool 2 Waru. This is evidenced by the significant value in the experimental group of 0.00 <0.05 which means that there is a significant influence and is proved by calculating the percentage of influence that is equal to 25.52% in the realm of knowledge and 52.50% in the realm of skills dribble.

Keywords: part method, dribble, basketball


Published
2020-01-20
Section
Articles
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 12