PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN

  • DHANI FATTUR RAHMAN

Abstract

Abstrak

Pendidikan merupakan upaya sadar yang dilakukan oleh manusia agar tercipta peradaban yang lebih berkembang serta menciptakan kehidupan manusia yang lebih bermartabat untuk mendapat peserta didik yang lebih cerdas dan mampu menghargai perbedaan serta dapat bersaing dengan manusia di belahan bumi yang lain. Supaya proses pendidikan berjalan dengan lancar dan baik, sudah banyak inovasi-inovasi yang diciptakan oleh para ahli untuk mempermudah seorang pendidik atau guru menciptakan suasana pendidikan yang lebih hidup. Sehingga kondisi ruang belajar akan lebih aktif dan peserta didik dapat termotivasi untuk mengikuti semua kegiatan yang ada dalam proses pendidikan. Salah satunya adalah dengan menerapkan permainan kecil yang telah disesuaikan dengan kurikulum di satuan pendidikan tersebut. Adapun tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PJOK pada kelas VII SMP Negeri 1 Asembagus Situbondo. Dan jika ada, berapa besarannya metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen murni, dengan pendekatan kuantitatif, dan desain Pretest-Postest Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan cara analisis melalui angket motivasi. Penelitian ini ditujukan kepada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Asembagus Situbondo dengan sampel berupa kelompok eksperimen yang berjumlah 31 siswa dan kelompok kontrol berjumlah 30 siswa. Menurut analisis data yang sudah dilaksanakan dari hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh penerapan permainan tradisional terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada siswa Kelas VII. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis yang menunjukkan bahwa nilai sig 0,00 < 0,05. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan besarnya pengaruh penerapan permainan tradisional terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan adalah sebesar 7,40%.

Kata Kunci: permainan tradisional, motivasi belajar siswa

Abstract

Education is a conscious effort made by humans to create a more developed civilization and dignified human being, as well as intelligent students who are able to appreciate differences and can compete globally. So that the educational process runs smoothly and well, there have been many innovations created by experts to facilitate an educator or teacher to create a more lively educational atmosphere. Therefore, the class will be more active and students can be motivated to participate in all activities in the education process. One of the efforts is implementing a small game that has been adapted to the curriculum in the education unit. The purpose of this research was to find the influence of traditional games on student motivation in Physical Education learning in class VII State Junior Highschool 1 Asembagus Situbondo. And if there is, its magnitude this research employed pure experimental research method with quantitative approach, and Pretest-Postest Control Group Design. Data collection was done by analyzing a motivational questionnaire. The object of the study was consisted of VII grade students of SMP Negeri 1 Asembagus Situbondo with a sample of an experimental group of 31 students and a control group of 30 students.Based on the results of research that has been analyzed, it can be concluded that there is an influence of the application of traditional games on students learning motivation in learning Physical Education, Sports and Health in Class VII students. The rsult of the analysis shows that the value of sig 0.00 <0.05 which means that H0 is rejected and Ha is accepted. Meanwhile, the magnitude of the effect of the application of traditional games on student motivation in learning Physical Education is 7.40%.

Keywords: traditional games, student learning motivation
Published
2020-01-20
Section
Articles
Abstract Views: 121
PDF Downloads: 119