IMPLEMENTASI MODEL LATIHAN TUNGGAL DAN JAMAK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SMASH BOLAVOLI SISWA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI DI SMAN 16 SURABAYA

  • ELYA ANTARIKSANTI

Abstract

Abstrak

Latihan termasuk proses yang penting bagi seorang atlet untuk meningkatkan ketrampilan. Dalam mewujudkan suatu perubahan ke arah yang lebih baik perlunya proses latihan dengan menciptakan suatu model latihan yang efektif. Pada aktivitas kegiatan latihan diperlukan model latihan yang beragam sehingga target latihan bisa tercapai. Pelatih memberikan kesempatan peserta ekstrakurikuler untuk mengamati apa yang telah disampaikan dan apa yang diperagakan oleh pelatih. Pelatihan dapat berjalan dengan aktif dan efektif perlu adanya model latihan yang bervariasi agar dapat mencapai ketuntasan latihan, termasuk dengan penerapan model latihan tunggal dan jamak latihan yang dilakukan dan mengkaji secara individu maupun kelompok dengan teman sebayanya. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui dan mengkaji seberapa besar pengaruh implementasi model latihan tunggal dan jamak untuk meningkatkan keterampilan smash bolavoli pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli SMAN 16 Surabaya. Pengambilan data dilaksanakan selama 7 kali pertemuan, yaitu pre-test, 5 kali treatment, dan post-test. Berdasarkan hasil analisis Statistical Package For Social Science (SPSS) 25. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model latihan tunggal dan jamak terhadap smash ekstrakurikurikuler, dibuktikan dengan thitung 9,42 > ttabel 1,721 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. jadi dapat disimpulan ada perbedaan yang signifikan. Sedangkan besar pengaruh dalam penelitian ini yaitu 16.15%.

Kata Kunci: model latihan, smash, bolavoli

Abstract

Exercise is an important process for athletes to improve their skills. In realizing a change towards a better there need an effective model training. Training activities required a variety of training models so that training targets can be achieved. The trainer gives extracurricular participants the opportunity to observe what has been explained and demonstrated by the trainer. For the training to be actively conducted and effective conducted, there need to be a variety of training models in order to achieve complete training, applying a block and random training models included the trainer explains, demonstrate and practice is carried out individually or in peer groups. The purpose of this study was to determine the influence of the block practice and random practice training models to volleyball skill smash in participants of volleyball extracurricular act in Senior High School 16 of Surabaya. The data collection was carried out in 7 meeting, namely pre-test, 5 treatment, and post-test. Based on the. Statistical Package For Social Science (SPSS) 25. Analysis, it can be concluded that there was an effect of applying the block practice and random practice models to word smash skill of volleyball extracurricular participants. The result showed that arithmetic 9,42 > ttable 1,721, indicating that Ho was accepted and Ha was rejected. Whereas, the effect size was 16:15%.

Keywords: training design, smash, volleyball

Published
2020-01-22
Section
Articles
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 41