PENERAPAN PERMAINAN POSSESSION GAME TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING SEPAKBOLA

  • FITRIA DEVA YANTI

Abstract

Abstrak

Setiap manusia perlu melalui proses pembelajaran yang bertujuan untuk mengubah kebiasaan ataupun pemikiran yang ada dalam dirinya. Bimbingan melalui pendidikan dapat dilakukan kepada individu atau kelompok agar dapat memenuhi kebutuhan belajar sehingga potensi yang dimiliki oleh individu/ kelompok bisa meningkat menjadi lebih baik. Dalam susunan kurikulum di satuan pendidikan terdapat mata pelajaran yang memiliki fokus berupa pendidikan melalui gerak yaitu Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Peran PJOK dalam pembelajaran dapat membantu siswa untuk dapat lebih mengekspresikan apa yang siswa tersebut. Penerapan permainan Possession game adalah satu dari banyaknya permainan yang terdapat di SSG, permainan possession game memiliki tujuan yaitu agar siswa dapat memahami materi yang diajarkan dalam pembelajaran sepakbola terutama pada materi passing kaki bagian dalam dengan lapangan yang ada disekolah. Dari hasil pengolahan data terdapat adanya pengaruh penerapan possession game terhadap hasil belajar passing sepakbola. Uji hipotesis pada kelompok eksperimen membuktikan nilai sig 0,00 <005, bahwa H0 ditolak. Sehingga dikaitkan diperoleh pengaruh yang signifikansi pada kelompok eksperimen. Besarnya pengaruh hasil penerapan permainan permainan possession game terhadap hasil belajar passing sepakbola siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Driyorejo diperoleh hasil peningkatan belajar dibuktikan dengan perhitungan persentase pengaruh kelompok eksperimen pada aspek pengetahuan sebesar 21% dan aspek keterampilan sebesar 82,5%.

Kata Kunci: possession game, passing, sepakbola

Abstract

Each people needs to get through the learning process which aims to change the habits or thoughts inside themselves. The guidance through education could be done to each individual or groups to fulfill the learning needs, so the individual/ groups’ potential could be improved to be better than before. In the curriculum system of educational institution, there is subject which focus on kinesthetic education, which is Sports and Health subject. The role of this subject would help the learner to express what they feel freely. The implementation of Possession game is one of the games in Small Sided Games approach. This game itself aims to make the learner understand the passing material in soccer especially inner feet passing by using the available infrastructure, such as the field with the improper size or field which is unsuitable with the soccer general regulation. The result of data tabulation was the existence of possession game implementation influence to the soccer passing learning result. It was proven in hypothesis test to experiment group which shows that the value was sig 0,00<0,05, which means that H0 was unaccepted. Thus, it was being related with the significant influence in experiment group. The amount of possession game implementation influence to the soccer passing learning result of XI grader in 1 Driyorejo Senior High School obtained the learning result improvement. It was proven by the percentage calculation of experimental group in knowledge aspect as much as 21% and in skill aspect as much as 82,5%.

Keywords : possession game, passing, soccer

Published
2020-01-22
Section
Articles
Abstract Views: 93
PDF Downloads: 20