PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLING SEPAKBOLA (Studi Kasus Siswa Kelas XI IPA SMA Unggulan BPPT Al-Fattah)

  • WAHYU FEBRY FITRIYANTO

Abstract

Abstrak

Layanan dalam pembelajaran oleh guru merupakan aspek terpenting dalam pendidikan, termasuk menyediakan pembelajaran yang menarik sehingga keterlibatan siswa dalam pembelajaran tinggi. Hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa pembelajaran PJOK di SMA Unggulan BPPT Al-Fattah dirasa kurang menarik sehingga berdasarkan data hasil belajar siswa mendapatkan nilai rendah. Untuk itu perlu inovasi pembelajaran agar proses belajar siswa berubah menjadi menarik yang selanjutnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) merupakan salah satu pilihan untuk mengembangkan inovasi pembelajaran agar menarik sehingga keterlibatan siswa tinggi dan hasil belajar PJOK meningkat. Akan tetapi, dalam PJOK masih jarang digunakan bahkan di SMA Unggulan BPPT Al-Fattah belum pernah digunakan. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap hasil belajar dribbling sepakbola, (2) mengetahui besar pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap hasil belajar dribbling sepakbola. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan randomized control group pretest-posttest design. Dilakukan dalam 3 tahap, yaitu pretest, treatment, dan posttest. Hasil belajar dribbling diukur menggunakan teknik observasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelompok eksperimen sebesar 0,98 berubah menjadi sebesar 0,140 saat posttest. Nilai rata-rata pretest kelompok kontrol sebesar 0,161 berubah menjadi sebesar 0,200 saat posttest. Hasil uji-t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap hasil belajar dribbling sepakbola dibuktikan oleh nilai t-hitung sebesar 85.40 untuk kelas eksperimen dan 66 untuk kelas kontrol nilai sig. Sebesar 0.000<0,05. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe GI dapat digunakan dalam pembelajaran PJOK untuk meningkatkan hasil belajar dribbling sepakbola.

Kata Kunci: group investigation, hasil belajar, dribling sepak bola

Abstract

Teacher learning service is the most important aspect of education, included in providing attractive learning, this there will be hist involvement of students in learning process. Observation and interview result show that Physical Education (PE) learning at Unggulan Senior High School BPPT Al- Fatah is deemed unattractive thus based on data of student learning result is obtained low mark. Therefore, learning innovation is needed for student learning process to change to be more attractive which can lead to increased student learning result. Group Investigation (GI) type cooperative learning model is one option in developing attractive learning innovation in order to increase student’s involvement and PE learning result. However, this model in PE learning process is rarely used, even at Unggulan Senior High School BPPT Al Fatah has never been used. Hence , the aim of this research are (1) to know The Effect Of Application Of Type Group Investigation Cooperative Learning Model On Football Dribbling Learning Results. (2) to know how much is the influence The Effect Of Application Of Type Group Investigation Cooperative Learning Model On Football Dribbling Learning Results. This research is an experimental research using randomized control group pretest-posttest design. Have a 3 stages are pretest, treatment and posttest. The result dribbling learning measure using observation technic. Data Analysis using descriptive statistic and T-Test. The result show that pretest average mark of experiment group by 0,98 turn to 0,140 at posttest. Pretest average mark of control group by 0,161 turn to 0,200 at postest. T-test result show there is significant effect in implementing GI type Cooperative Learning Model On Football dribbling Learning result, that is proved by T-test 85.40 for experiment group and 66 for marks of control group, it is 0.000<0,05. Therefore, GI type cooperative learning model can be used in PE learning process in order to increase football dribbling learning result.

Keywords: group Investigation, learning outcomes, soccer dribbling

Published
2020-01-23
Section
Articles
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 60