SURVEI SARANA PRASARANA DAN TENAGA PENGAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SMA NEGERI SE-KABUPATEN PONOROGO

  • BUDI ROHMAD HIDAYAT

Abstract

Abstrak

Sarana Prasarana dan Tenaga Pengajar merupakan fasilitas siswa untuk proses pembelajaran, dengan adanya fasilitas yang didapatkan siswa maka pembelajaran akan menjadi lebih baik dan dapat memperlancar jalannya proses pembelajaran. Penelitian dengan instrumen PDPJOI agar mempermudah peneliti untuk mengetahui hasilnya, karena didalam instrumen tersebut sudah tersedia nilai-nilai untuk mengetahui hasil penelitian. Populasi penelitian adalah SMA Negeri se-Kabupaten Ponorogo yang berjumlah 16 sekolahan. Di penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mengetahui kejadian yang sebenarnya ada di lapangan. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif untuk menggambarkan peristiwa yang sesungguhnya terjadi disekolah, dengan menggunakan penelitian ini kita dapat mengetahui sarana prasarana dan tenaga pengajar yang ada di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan masih minimnya ketersediaan sarana dan prasarana sekolah dengan mendapatkan nilai C dengan rata-rata nilai 124 dari nilai maksimal 250, sedangkan untuk tenaga pengajar mendapatkan nilai A dengan rata-rata nilai 245 dari nilai maksimal 250. Penilaian tersebut diambil dan dirata-rata dari 16 sekolah yang ada di Ponorogo.

Kata kunci: sarana prasarana, tenaga pengajar

Abstract

Infrastructure and teaching staff are students’ facilities for the learning process, with those facilities, the learning process will be better and it couldbe accelerated well. This study wasconducted with PDPJOI as the instruments in order to make it easier for the researchers to find out the results, sincethe values to find it out is already availablein these instruments. The population of this study was senior high schools in the district of Ponorogo, with the total number of 16 schools. This study used quantitative methods to find out the actual events in the field. The type of this research was descriptive research in order to describe the events that actually happened at school, by using this research we could find out the infrastructure and teaching staff at school. The results of the study showed that the availability of school facilities and infrastructure was still minimal by getting a C value with aaverage of 124 a maximum value of 250, while for the teaching staff getting an A with a average 245 of a maximum 250. The assessment was taken and on average from 16 schools in Ponorogo.

Keywords: infrastructure, educational staff

Published
2020-01-24
Section
Articles
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 47