PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA (Studi Pada Siswa Putri Kelas VIII D SMP Negeri 3 Sugio Kab. Lamongan)

  • MUHAMAD FAIZUL AL RAMADHAN

Abstract

Abstrak

Penelitian ini mempunyai tujuan: (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan media audio visual terhadap hasil belajar dribbling sepak bola pada murid putri (siswi) Pada kelas VIII D SMPN 3 Sugio, (2) untuk mengetahui berapa banyak pengaruh dari media audio visual terhadap hasil belajar dribbling sepak bola pada siswa putri (siswi) SMP Negeri 3 Sugio. Jenis penelitian yang digunakan dalam pengambilan data menggunakan jenis penelitian eksperimen semu, dengan melakukan sebuah pendekatan yaitu kuantitatif. Rancangan menggunakan desain penelitian one group pretest-possttest desain. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan tes dribbling sepak bola untuk mengetahui keterampilan dribbling bola. Treatment dilakukan sebanyak dua kali pertemuan, yaitu pertemuan kedua dan ketiga setelah pre-test diberikan pada hari pertama untuk dilanjutkan post-test dengan hari yang paling terakhir. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media audio visual (video) dalam pembelajaran dribbling sepak bola pada kelas VIII D di SMPN 3 Sugio. Pengambilan data ini dapat dibuktikan dengan suatu rumus yang digunakan seperti uji-t, dengan taraf signifikan 0,05 dan nilai t test 4,539> t tabel 1,699, yang menunjukkan hipotesis alternatif yang dapat dengan cukup. Untuk data demikian ini bisa disimpulkan ternyata ada sebuah pengaruh media pandang dengar (video) pada saat materi belajar dribbling sepak bola pada kelas VIII D SMPN 3 Sugio. Nilai mean post-test sebesar 5,03>4,43 nilai rata-rata pre-test. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya hasil perhitungan persentase peningkatan sebesar 19%.

Kata Kunci: media audio visual, sepak bola, dribbling

Abstract

This study aims to (1) find out whether the implementation of audiovisual media has any significant influence on the soccer dribbling learning results of the female VIII D grade students in Junior High School Three Sugio, and (2) discover how significant the implementation of audiovisual media affects the soccer dribbling learning results of the female VIII D grade students in Junior High School Three Sugio. This was a quasi-experimental study by using a quantitative approach with a One Group Pretest-Posttest Design. In obtaining the data, a soccer dribbling test was used by the researcher to observe the students soccer dribbling skills. The treatment was given twice, precisely in the second and the third day of the observation; the first one was after the pretest and the last one was before the posttest; which was done on the last day of the observation. The results showed that the implementation of audiovisual media has a significant influence on the female VIII D grade students soccer dribbling learning in Junior High School Three Sugio. It can be proven by the result of the t-test, with a significant level of 0.05 and a t-test value of 4.539> t table 1.699, indicating an alternative hypothesis is partially accepted. Thus, it can be concluded that the implementation of audiovisual media has significantly promoted the female VIII D grade students soccer dribbling learning in Junior High School Three Sugio since first, it was found that the posttest average value is 5,03>4,43 the pretest average value and second, this result is also proven by the calculation of the percentage increase in the amount of 19%.

Keywords: audio visual media, soccer, dribbling

Published
2020-01-27
Section
Articles
Abstract Views: 78
PDF Downloads: 161