PENGARUH PERMAINAN SIRKUIT TERHADAP MOTIVASI SISWA MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

  • ADHIL ADHENNIN

Abstract

Abstrak

Motivasi adalah salah satu faktor penting siswa untuk melaksanakan gerak dan mengikuti instruksi guru dalam pembelajaran. Motivasi adalah sebuah bentuk rasa ingin melakukan sebuah tindakan yang terdapat dalam diri seseorang yang menjadi daya penggerak bagi seseorang untuk melakukan sebuah tindakan untuk menjadi lebih baik. Permainan sirkuit adalah model pelatihan yang ditujukan agar fungsi kerja kelompok otot bekerja secara berurutan dengan proses penyampaian permainan yang sengaja dibuat dan dibentuk dalam lingkaran dan terdiri dari beberapa stasiun. Jadi dalam penelitian ini peneliti akan menggunakan permainan sirkuit sebagai perangsang untuk membangkitkan motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah adanya pengaruh permainan sirkuit terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PJOK dan jika ada pengaruh yang disebabkan oleh permainan sirkuit seberapa besar pengaruhnya. Penelitian berjenis penelitian eksperimen murni dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan desain randomized control group pre-test - post-test design. Berdasarkan data yang didapat terdapat pengaruh permainan sirkuit terhadap motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,010 ≥ α 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak dengan pengaruh sebesar 3,14%.

Kata Kunci: permainan sirkuit, motivasi belajar siswa

Abstract

Motivation is an important factor for students to move and follow the instruction of the teacher in learning. Motivation is a self encouragement to try and make a better behavior change. The circuit game is a training model consist of several stations arranged in circles so that the body muscle groups work sequentially from the station to the station. So in this research will use the circuit game as an stimulant to inspire the learning motivation of students in following the educational learning of Physical Education (PE). This research aims to find out whether or not the influence of the circuit games on the motivation to learn students in PE learning and how much influence of it. This Research uses a quantitative descriptive approach with the design of randomized control group pre-test and -post-test design. Based on the data obtained there is the influence of circuit games on the motivation to learn students in following the PE learning evidenced by the significance value of 0.010 ≥ α 0.05 which means Haaccepted and Ho rejected by an influence of 3.14%.

Keywords: circuit games, learning motivation for students


Published
2020-01-27
Section
Articles
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 41