PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SHOOTING BOLA BASKET KELAS XI AK 4 SMK NEGERI 2 TUBAN

  • SETIAWAN ADI MARZUNA

Abstract

Abstrak

Media audio visual (video) adalah suatu metode pengajaran yang bisa di pergunakan untuk menyampaikan materi lebih banyak dan terinci sehingga penyajian bahan ajar kepada siswa semakin lengkap dan optimal. Selain itu, media ini juga membantu peran serta guru untuk menyampaikan materi kepada siswa sehingga siswa lebih mudah mengerti. Khususnya dalam hal ini adalah praktik shooting bola basket. Dengan media audio visual, pada praktik shooting bola basket siswa dapat melihat secara langsung dan jelas pergerakan tangan dalam melakukan teknik shooting. Penelitian dengan media audio visual (video) bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar shooting bola basket pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Tuban. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Tuban tahun ajaran 2018-2019. Sedangkan sample yang digunakan adalah cluster random sampling yaitu 1 kelas jurusan akuntansi 4 yang berjumlah 35 siswi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh media audio visual (video) pada hasil belajar shooting bola basket pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Tuban. Hal ini dibuktikan berdasarkan dari perhitungan persentase dengan hasil 5,35% untuk nilai pengetahuan dan 3,01% untuk nilai keterampilan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang cukup signifikan setelah diberikan treatment menggunakan audio visual terhadap hasil belajar shooting bola basket.

Kata Kunci: shooting, bola basket, media, audio visual

Abstract

Audio-visual media (video) is a teaching method that can be used to convey more detailed material. The presentation of teaching materials to students are more complete and optimal. In addition, this media also helps the teachers participation in conveying material to students so that students understand easily. Especially is the practice of shooting basketball. Using audio visual media in shooting basketball students can see directly and clearly the movements of the hands in doing shooting techniques. Research with audio-visual media (video) aims to find out how much influence the use of audio-visual media on learning outcomes of shooting basketball in class XI students of Vocational High School 2 Tuban. The population of this research is the XI grade students of Vocational High School 2 Tuban in the 2018-2019 school year. While the sample used is cluster random sampling, namely one class of accounting majors 4 totaling 35 female students. The results showed that there was an influence of audio-visual media (video) on learning outcomes of shooting basketball in class XI students of Vocational High School 2 Tuban. This is evidenced based on the calculation of the percentage of the results of 5.35% for the value of knowledge and 3.01% for the value of the skills, it can be concluded that there is a significant increase after being given treatment using audio visual of the results of learning basketball shooting.

Keywords: shooting, basketball, media, audio visual

Published
2020-01-29
Section
Articles
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 29