PENERAPAN MODIFIKASI PERMAINAN SEPAK BOLA TERHADAP MINAT BELAJAR DAN EFEKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN

  • EKO WIDYANTO

Abstract

Abstrak

Pembelajaran PJOK di sekolah terdapat materi sepak bola yang harus diajarkan kepada siswa. Proses pembelajaran yang berlangsung seharusnya siswa mendapatkan kondisi pembelajaran yang optimal sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Kenyataannya banyak faktor yang mengakibatkan siswa tidak mampu melakukannya dengan optimal. Salah satunya yaitu mengenai sarana prasarana yang dapat mengurangi minat belajar siswa. Tujuan penelitian yang dilakukan yaitu adalah untuk mengetahui seberapa besar minat belajar dan keefektivitasan siswa putra pada penerapan modifikasi permainan sepak bola. Penelitian dilakukan menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan memakai randomized pretest-postest design. Sampel yang dipakai yaitu adalah siswa putra kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen yang masing – masing kelas terdiri dari 30 siswa putra yang telah ditentukan melalui cluster random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan angket minat belajar dan instrumen penelitian berupa lembar FCE (Formative Class Evaluation), adapun dalam angket minat terdiri dari 19 pernyataan dan lembar kuisioner FCE terdiri dari 9 pernyataan. Pada kelas kontrol terdapat average nilai efektivitas sebesar 2,59 di pertemuan pertama dan kedua, atau bisa dikatakan memiliki kategori baik. Sedangkan pada kelas eksperimen terdapat average nilai efektivitas sebesar 2,62 di pertemuan pertama, dan nilai 2,54 dipertemuan kedua. Atau bisa dikatakan memiliki kategori baik dan sedang. Berdasarkan hasil angket terdapat rata – rata pretest sebesar 51,46 dan rata – rata post test sebesar 63,33. Ditemukan peningkatan penerapan modifikasi permainan sepak bola terhadap minat belajar siswa putra dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan studi pada siswa kelas VIII MTS Manbail Futuh Tuban sebesar 23,06%.

Kata Kunci: modifikasi, sepak bola, minat, dan efektifitas siswa

Abstract

Sports Physical Education and Health learning in schools there are soccer material that must be taught to students. The learning process that takes place should students get optimal learning conditions in accordance with the objectives set. In fact there are many factors that cause students to not be able to do it optimally. One of them is regarding infrastructure that can reduce student interest in learning. The purpose of this research is to find out how much interest in learning and the effectiveness of male students in the application of soccer game modifications. The study was conducted using a type of experimental research with a quantitative approach and using randomized pretest-posttest design. The sample used is male students class VIII-A as a control class and class VIII-B as an experimental class, each class consisting of 30 male students who have been determined through cluster random sampling. This research instrument uses a learning interest questionnaire and research instrument in the form of a FCE questionnaire sheet (Formative Class Evaluation), while the interest questionnaire consists of 19 statements and the FCE questionnaire sheet consists of 9 statements. In the control class there is an average effective value of 2.59 in the first and second meetings, or can be said to have a good category. While in the experimental class there is an average value of effectiveness of 2.62 in the first meeting, and a value of 2.54 in the second meeting. Or can be said to have good and medium categories. Based on the results of the questionnaire there is an average pretest of 51.46 and an average posttest of 63.33. It was found an increase in the application of the modification of soccer games to the interest in learning of male students in attending physical education, sports, and health studies in class VIII MTS Manbail Futuh Tuban students by 23.06%.

Keywords: modification, football, student interest, and student effectiveness

Published
2020-02-17
Section
Articles
Abstract Views: 118
PDF Downloads: 75