PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR RENANG GAYA BEBAS (CRAWL) PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 SIDOARJO

  • ALIFIA DESITAMARI BUDI

Abstract

Abstrak

Renang merupakan aktivitas air yang terdapat gerakan dan teknik-teknik gerakan yang benar. Pada pembelajaran aktivitas renang gaya bebas (crawl) harus disesuaikan dengan standar kompetensi dasar. Gaya bebas (crawl) merupakan gaya yang tercepat, ketika bernafas muka menoleh kesamping, gerakan kaki menggunakan punggung kaki digerakkan ke bawah dan ke atas secara bergantian. Gerakan tersebut adalah koordinasi dari gerakan kaki, gerakan tangan, anggota tubuh lain, cara pengambilan nafas. Model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) adalah salah satu tipe atau model pembelajaran kooperatif yang mudah diterapkan pada pembelajaran untuk menentukan tingkat kesulitan kepada setiap anggota kelompok saat mereka menjalani proses. Dengan tipe TGT siswa akan menikmati bagaimana suasana games turnamen itu, karena siswa akan berkompetisi dengan kelompok yang memiliki komposisi kemampuan yang setara, maka kompetisi TGT meningkatkan keaktifan dari siswa untuk berlatih bersosialisasi dengan kelompoknya dan orang lain dibandingkan kompetisi dalam pembelajaran-pembelajaran tradisional pada umumnya yang meliputi pengetahuan dan keterampilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar renang gaya bebas (crawl) pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar renang gaya bebas (crawl) ada pengaruh yang signifikansi dengan besar pengaruh adanya peningkatan 20,7% pengetahuan dan 58,4% keterampilan. Dengan disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT dapat meningkatkan hasil belajar renang gaya bebas (crawl) pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sidoarjo.

Kata Kunci: team games tournament, hasil belajar, renang gaya bebas (crawl)

Abstract

Swimming is a water activity that has the right movements and style techniques. In learning freestyle swimming activities (crawl) must be adjusted to the standards of basic competence. Crawl is the fastest style, when breathing, face turns to sideways, leg movements using the back of the leg are moved down and up alternately. The movement is coordination of leg movements, hand movements, other limbs and the way to take breath. The cooperative learning of Team Games Tournament (TGT) is one type or cooperative learning model that is applied easily for learning to determine the level of difficulty for each group member as they go through the process. By using the TGT type, students will enjoy the environment of the tournament games, because students will compete with groups that have an equal composition of abilities, then the TGT competition increases the activity of students to practice socializing with their groups and others compared to competition in traditional learning in general includes knowledge and skills. The purpose of this study was to determine the effect and magnitude of the influence of the TGT cooperative learning model on the learning outcomes of free style swimming (Crawl) in class XI, Public High School 2 Sidoarjo. The results of the study showed that the TGT cooperative learning model of the learning outcomes of free style swimming (crawl) had a significant effect with the influence of an increase of 20,7% knowledge and 58,4% skills. It was concluded that the TGT learning model could improve the learning outcomes of free style swimming (crawl) in class XI, Public High School 2 Sidoarjo.

Keywords: teams games tournament, learning outcomes, free style swimming (crawl)

Published
2020-02-20
Section
Articles
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 37