PERBANDINGAN TINGKAT DAYA TAHAN KARDIORESPIRASI ANTARA SISWA JURUSAN AGAMA DENGAN JURUSAN BAHASA DI MAN 3 KABUPATEN KEDIRI

  • AINUN ZULFIKAR RIZKI

Abstract

Abstrak

MAN 3 Kabupaten Kediri adalah sekolah yang berwawasan islami dan memiliki 4 jurusan yaitu MIA, IIS, Agama dan Bahasa. Di sekolah ini memiliki pembelajaran olahraga yang siswanya memiliki aktivitas gerak yang cukup lelah dan akan mempengaruhi daya tahan kardiorespirasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari perbedaan tingkat daya tahan kardiorespirasi antara siswa jurusan agama dengan jurusan bahasa. Penelitian non eksperimen adalah yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas agama dan siswa kelas bahasa. Besar siswa populasi dalam penelitian ini adalah 68 siswa untuk kelas agama dan 36 siswa untuk kelas bahasa. Tes yang digunakan untuk mengambil data dalam penelitian ini adalah menggunakan Balke test. Berdasarkan data yang diperoleh, bahwa tingkat daya tahan kardiorespirasi siswa jurusan agama sebesar 25,96 untuk rata-rata dengan 6,918 untuk standar deviasi. Sedangkan untuk tingkat daya tahan kardiorespirasi jurusan bahasa sebesar 27,50 dengan standar deviasi 7,621. Penghitungan ini menggunakan statistical program for social science (SPSS). Hasil penghitungan menggunakan taraf signifikan 5%. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dari itu adanya perbedaan yang signifikan antara tingkat daya tahan kardiorespirasi siswa jurusan agama dengan jurusan bahasa yaitu sebesar 1,54.

Kata Kunci: tingkat daya tahan kardiorespirasi, jurusan agama, jurusan bahasa, Balke test.

Abstract

MAN 3 Kediri is an Islamic base senior high school and has four majors in example MIA (natural science), IIS (social science), Religion and Language. The school has physical exercise lesson which makes the students to do exhausting activities, and affects their cardio respiration endurance or heart endurance.The aim of this research is to find the differences of cardio respiration endurance level between the students in religion and language major. Non-experimental research is used with descriptive quantitative approach to analyze the data. The population of this research are the students who majoring religion and the students who majoring language. The number of this research sample is 68 students from religion major and 36 students from language major. To collect the data, this research used Balke test.According to the data that have been collected, the average of cardio respiration endurance level of students in religion major is 25.96 with the standard deviation 6.918. Moreover, the students of language major has 27.50 for their cardio respiration endurance level with 7.621 for standard deviation. Statistical program for social science (SPSS) is applied to calculate the data. The result of calculation used 5% significance degree, so that Ha is accepted while Ho is rejected. Therefore, the significant difference of cardio respiration endurance level among the students in religion major and the students in language major is 1.54.

Keywords: cardio respiration endurance level, religion major, language major, Balke test

Published
2020-03-26
Section
Articles
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 45