PENGARUH PENERAPAN METODE BAGIAN TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN LOMPAT KANGKANG

  • CHRISTIAN MICHAEL SIANTURI

Abstract

Abstrak

Metode bagian (part-method) ialah metode yang diberikan dengan cara memilah suatu pembelajaran menjadi bagian demi bagian dan menyatukannya lagi setelah siswa berhasil menguasainya dengan tujuan untuk mempermudah siswa dalam menerapkan suatu pembelajaran. Dalam pembelajaran pendidikan jasmani pastinya ada beberapa materi yang telah diajarkan dalam setiap pembelajaran pendidikan jasmani disekolah dan salah satunya adalah senam lantai, senam lantai juga mempunyai beberapa materi salah satunya lompat kangkang. Lompat kangkang ialah dimana seorang berlari mengarah kuda lompat atau punggung teman berikutnya mengudara dengan tangan menumpu dan menekan kuda lompat atau punggung teman sambil melakukan lompatan dengan aksi posisi kaki kangkang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bagian terhadap hasil belajar keterampilan lompat kangkang. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen murni dengan menggunakan randomized group pretest-posttest design. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 5 dan XI IPS 2 di SMAN 1 Mojokerto. Berdasarkan uji hipotesis pada hasil belajar penerapan metode bagian (part-method) dalam ranah keterampilan memiliki nilai sig 0.00 < 0.05, maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode bagian (part-method) terhadap hasil belajar lompat kangkang dalam senam lantai. Dari hasil perhitungan peningkatan penerapan metode bagian (part-method) terhadap hasil belajar lompat kangkang pada ranah keterampilan diketahui peningkatannya sebesar 28,87%. Sedangkan pada kelompok kontrol memiliki persentase penurunan sebesar -2,64%, Melalui hasil analisis data diketahui bahwa kelompok eksperimen memiliki peningkatan yang lebih signifikan dari pada kelompok kontrol yang tidak mendapat perlakuan.

Kata Kunci: lompat kangkang, metode bagian

Abstract

Part-method is a method that is given by dividing a learning into parts by part and putting it together again after students have mastered it. The aim is facilitating students in applying a learning. In physical education learning there must be some material that has been taught in every physical education learning at school and one of them is gymnastics on the floor, gymnastics on the floor also has some material, one of them straddle jump. Straddle jump is where a person runs toward a jump horse or the back of the next friend on the air with his hand rests and presses on the jump horse or friends back while doing a jump with the action of the legs straddle position. The purpose of this study was to determine the effect of application part method to learning results skills straddle jump. This research is classified as a pure experimental study using randomized group pretest-posttest design. Determination of the sample using cluster random sampling techniques. The sample of this study was students of class XI MIPA 5 and XI IPS 2 at public senior high school 1 Mojokerto. Based on testing the hypothesis on learning outcomes the application of the part method in the realm of skills has a sig value of 0.00 <0.05, it can be stated that there is a significant effect of the application of the part method on straddle jumping learning outcomes. on the gymnastic floor. From the results of the calculation of the increase in the application of the method to the learning outcomes straddle jumping in the realm of skills known to increase by 28.87%. While the control group decreased by -2.64%. Through the results of data analysis, it was found that the experimental group had a more significant increase than the control group that did not receive treatment.

Keywords: straddle jumping, part methods.

Published
2020-03-29
Section
Articles
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 38