EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN KARET BAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PUKULAN GYAKU TSUKI

  • RENO RENALDI PUTRA

Abstract

Abstrak

Kegiatan ekstrakurikuler adalah salah satu pendidikan non formal yang dilaksanakan di luar jam pelajaran guna membantu perkembangan peserta didik sesuai dengan potensi bakat yang dimiliknya. Agar tercapainya tujuan tersebut maka diperlukan keberhasilan pada proses pembelajaran ekstrakurikuler itu sendiri, salah satu komponen yang mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran yaitu metode pembelajaran. Oleh karena itu tentunya pengajar harus mempunyai kreativitas dalam mengajar seperti menggunakan metode pembelajaran dengan media, sehingga kegiatan ekstrakurikuler tidak terasa membosankan. Contoh diberikan metode pembelajaran dengan menggunakan media berupa karet ban sehingga peserta didik merasa tertarik untuk menyelesaikan setiap materi yang diberikan. Berdasarkan pengamatan, di SMPN 2 Porong Sidoarjo banyak siswa yang merasa bosan karena tidak adanya media dalam setiap materi yang diberikan sehingga tidak adanya peningkatan hasil belajar dalam teknik dasar yaitu pukulan gyaku tsuki. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adanya efektivitas dan seberapa besar efektivitas metode pembelajaran dengan menggunakan media karet ban terhadap peningkatan hasil belajar pukulan gyaku tsuki pada siswa ekstrakurikuler karate SMPN 2 Porong Sidoarjo. Menurut hasil uji hipotesis pada hasil metode pembelajaran menggunakan media karet ban terhadap peningkatan hasil belajar pukulan gyaku tsuki memiliki nilai sig 0,00 < 0.05, maka dapat dinyatakan bahwa terdapat efektivitas metode pembelajaran dengan menggunakan media karet ban terhadap peningkatan hasil belajar pukulan gyaku tsuki. Dari hasil perhitungan peningkatan pada metode pembelajaran dengan menggunakan media karet ban diketahui persentase peningkatan sebesar 31,5%, sedangkan kelompok kontrol hanya memiliki persentase peningkatan sebesar 12%. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan maka dapat diketahui kelompok eksperimen memiliki peningkatan yang lebih besar dari pada kelompok kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan.

Kata Kunci: karate, pukulan gyaku tsuki, media karet ban

Abstract

Extracurricular is one of the non-formal education held outside of class periods to help students develop their potential skills. In order to achieve that goal, successful extracurricular activity is needed. One of its significant component is learning method. Its therefore required for teachers to have creativity in teaching such as using media during teaching and learning process to avoid banality in extracurricular activities. An example of the learning method used is using rubber tire to draw students interests in completing every given materials. As per the observation, many students in Junior High School 2 Porong Sidoarjo were bored because learning media werent used in any of the materials taught which later stagnated their learning of the basic technique namely gyaku tsuki blow. This study aims to find out the effectiveness of using rubber tire media toward improvement in learning gyaku tsuki blow of karate club students in Junior High School 2 Porong. Hypothesis test reveals that using rubber tire as learning media to improve gyaku tsuki blow scored sig 0,00 < 0.05, which confirmed that theres effectiveness in learning method using rubber tire toward the improvement in learning gyaku tsuki blow. Result of tabulated score shows 31% improvement in experiment group and 12% in control group. Based on the data analysis, its found that experiment group scored bigger improvement than control group that received no treatment.

Keyword: karate, gyaku tsuki, rubber tire media

Published
2020-04-24
Section
Articles
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 87