PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET

  • ALIF RAMADHANI

Abstract

Abstrak

Metode tutor sebaya merupakan model pembelajaran yang menerapkan dengan strategi kooperatif dimana dibentuk kelompok kecil dengan anggotanya memiliki kemampuan yang berbeda-beda guna untuk membantu dan bekerja sama dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang dihadapi. Ketika pembelajaran berlangsung terjadi pendekatan kooperatif karena kelompok ini menggunakan bahasa sehari-hari sebagai komunikasi mereka yang membuatnya semakin akrab. Metode tutor sebaya dapat diterapkan pada salah satu teknik bola basket yaitu dribble. Dribble merupakan menggiring bola dengan cara memantulkan bola ke lantai dengan dorongan telapak tangan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar dribble bola basket. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan menggunakan randomized control group pretest-pottest design. Penentuan sampel dengan menggunakan cluster random sampling, dengan sampel 34 siswa yaitu kelas VII-B. Berdasarkan uji hipotesis pada hasil belajar penerapan metode pembelajaran tutor sebaya dalam ranah pengetahuan dan keterampilan memiliki nilai sig 0.00<0.05, maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode tutor sebaya terhadap hasil belajar dribble bola basket. Dari hasil perhitungan peningkatan penerapan metode tutor sebaya terhadap hasil belajar dribble bola basket pada ranah pengetahuan kelompok eksperimen diketahui persentase peningkatannya sebesar 65%, pada ranah keterampilan diketahui peningkatannya sebesar 34% dengan selisih rata-rata dari hasil pre test dan post test.

Kata kunci: bola basket, dribble, metode tutor sebaya

Abstract

The peer tutoring method is a learning model that applies cooperative strategies in which small groups are formed with members having different abilities to assist and work together in solving a problem faced. When learning takes place a cooperative approach occurs because this group uses everyday language as their communication which makes it more familiar. The peer tutoring method can be applied to one of the basketball techniques, namely dribble. Dribble is dribbling by bouncing the ball to the floor with the push of your palm. This study aims to determine the effect of applying peer tutoring learning methods on basketball dribble learning outcomes. This type of research is quasi-experimental using randomized control group pretest-posttest design. Determination of the sample using cluster random sampling, with a sample of 34 students, namely class VII-B. Based on hypothesis testing on learning outcomes the application of peer tutoring learning methods in the realm of knowledge and skills has a sig value of 0.00<0.05, it can be stated that there is a significant influence of the application of peer tutoring methods on basketball dribble learning outcomes. From the calculation results of the increase in the application of the peer tutoring method to the learning outcomes of basketball dribble in the experimental groups knowledge domain it is known that the percentage increases by 65%, in the realm of skills it is known to increase by 34% with the average difference from the pre-test and post-test results.

Keyword: basketball, dribble, peer tutoring method
Published
2020-06-08
Section
Articles
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 76