PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR LAY-UP SHOOT BOLA BASKET
Abstract
Abstrak
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) merupakan suatu proses pendidikan yang dilakukan secara sadar dan sistematis melalui berbagai rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan kebugaran jasmani, keterampilan motorik, perilaku hidup sehat, sikap sportif, dan kecerdasan emosi peserta didik. Dalam aktifitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan peserta didik perlu adanya suatu pembelajaran yang efektif. Dengan adanya interaksi yang baik atar peserta didik dalam aktifitas pembelajaran diharapkan peserta didik dapat mencapai ketuntasan dalam belajar. Dalam proses pembelajaran perlu adanya strategi pembelajaran efektif yang dilakukan oleh guru agar peserta didik dapat mencapai ketuntasan dalam belajar. Dengan menerapkan metode pembelajaran tutor sebaya yang dilakukan dengan cara membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok dengan tujuan agar peserta didik lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran yang diajarkan oleh teman sebaya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dalam penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar lay-up shoot bola basket pada peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Magetan dan seberapa besar pengaruhnya. Dalam penelitian ini pengambilan data dilaksanakan 4 pertemuan, pre-test, treatment I, treatment II, dan post-test. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen yang desain nya menggunakan one group pre test-post test design, dengan menggunakan sampel kelas X-MIA-2 SMA Negeri 2 Magetan. Berdasarkan hasil dari analisis statistika terdapat adanya pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar lay-up shoot adanya peningkatan pada hasil tes pengetahuan sebesar 18.09 %, sedangkan pada tes keterampilan terdapat adanya peningkatan sebesar 27.80 %. Maka, penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran pendidikan jasmani.
Kata Kunci: pengaruh, tutor sebaya, lay-up shoot, bola basket
Abstract
Physical education, sports, and health (PJOK) is an educational process which is actively and consistently carried out across a variety of activity designed to improve physical safety, motor skills, healthy living, athletic activity, and motivational education. Good learning is expected in the learning activities of teachers and students. Students are supposed to achieve mastery in learning with a good mastery of students in learning activities. The teacher needs an effective learning strategy in the learning process to allow the students to master the lesson. By using the peer-tutoring method, students are divided into several groups to help the students become more active in learning with their peers. This research aims to find out the effect of peer-tutoring learning methods of SMA Negeri 2 Magetan tenth-grade students on the lay-up shooting results in basketball. This research required four meetings; pre-test, the treatment I, treatment II, and post-test. The design of this research is experimental research which uses one group pre-test-post test design by using a sample from class X-MIA-2 of SMA Negeri 2 Magetan. Based on the findings of the statistical review, the impact of peer tutoring methods on the research outcomes of tests was increased up to 18.09%, compared to a 27.80% increase on the skills test. Therefore, the peer-tutoring method can be used to enhance learning efficiency for students in physical education.
Keywords: influence, peer tutoring, lay-up shoot basketball