HUBUNGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI DENGAN HASIL BELAJAR AKADEMIK

  • JUNJUNG LEMBAR RHAMADHANIE

Abstract

Abstrak

Kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk melaksanakan tugas gerak, pekerjaan atau rutinitas sehari-hari dengan fisik yang prima, tidak mengalami kelelahan yang berat setelah melaksanakan aktivitas tersebut serta memiliki kemampuan fisik yang baik untuk melakukan pekerjaan lainnya. Dari hasil pengamatan penulis selama melaksanakan mata kuliah Program Pengelolaan Pembelajaran selama tujuh minggu di SMP Negeri 1 Jombang, kebanyakan siswa kurang aktif dalam melakukan tugas gerak selama proses kegiatan belajar mengajar mata pelajaran PJOK. Dasar peneliti mengambil SMP kelas VIII karena banyak siswa yang belum begitu memahami tentang tes MFT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan hubungan tingkat kebugaran jasmani dengan hasil belajar akademik yang diambil dari siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jombang, yaitu kelas VIII B, VIII D dan VIII E. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif, dimana penelitian ini adalah penelitian yang menghubungkan satu atau lebih variabel bebas dengan satu variabel terikat tanpa ada upaya untuk mempengaruhi variabel tersebut. Bentuk sederhana dari penelitian korelasi adalah hubungan antara dua variabel. Berdasarkan hasil penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani dengan hasil belajar akademik siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jombang. Hasil dari penelitian hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani dengan Hasil Belajar Akademik siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jombang, menghasilkan signifikansi sebesar 0,000. Hasil ini menunjukkan bahwa nilai Significance < level of significance (a=5% atau 0,05). Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Tingkat Kebugaran Jasmani dengan Hasil Belajar Akademik. Nilai koefisien bernilai positif, yaitu 0,436. Koefisien yang bernilai positif menunjukkan hubungan yang searah, artinya bahwa apabila Tingkat Kebugaran Jasmani semakin tinggi maka Hasil Belajar Akademik siswa juga akan meningkat.

Kata Kunci: kebugaran jasmani, hasil belajar akademik

Abstract

Physical fitness is an ability to execute workout or daily routine with physical excellence, without severe fatigue after doing the activity and also having well physical ability to execute other job. The observation result during conducting Learning Management Program for 7 weeks in Junior High School 1 Jombang indicates that most of the student doesn’t too much active for doing workout during the program. The basis to took the VIII grade junior high school student because at the time the researchers conducted Physical Education, many students had not yet thought about the MFT test. The aim of this research is to find out the development of relation between physical fitness level and academic learning outcomes collected from students of VIII grade Junior High School 1 Jombang classes VIII B, VIII D and VIII E. The type of this research is correlational with a quantitative approach, which is connecting one or more independent variable without any action to influences those variables. The simplest from of correlational research is the relation between two variables. Based on the result, the aim is to find out the level of physical fitness and learning outcome collected from student grade VIII Junior High School 1 Jombang. This research results the significance 0,000. The result indicates that the value of significance < level of significance (a=5% or 0,05). Therefore, it could be started that there is a significance relation between the level of physical fitness and academic learning outcome. Coefficient value is positive, 0,436. The positive value indicates a direct relation, means that if the level of physical fitness higher, the academic learning outcome will increase.

Keywords: physical fitness, academic learning outcomes
Published
2020-06-10
Section
Articles
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 169